oleh

Apa Itu Boneka Horta dan Boneka Potty atau Boneka Rumput

Boneka Horta (horta, dari kata hortikultura) adalah sebuah media tanam (lho, boneka kok media tanam ya?) yang terbuat dari serbuk kayu berbentuk boneka boneka lucu yang apabila disiram setiap hari akan tumbuh rambut berupa rumput hijau pada bagian atas kepalanya. Waah.. Menarik bukan?

Boneka horta ini akan menjadi sesuatu yang menarik bagi putra-putri Anda dalam meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi mereka. Boneka horta ini juga dapat menjadi alternatif sebagai media pengenalan dalam mengamati pertumbuhan tanaman, jadi selain sebagai media edukasi, anak-anak juga bisa sambil bermain. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun pasti akan tertarik dengan media tanam unik yang satu ini.

Boneka horta dibuat dengan aneka bentuk yang lucu-lucu. Boneka ini direndam air dan disirami tiap hari, lalu rambut tanaman hijaunya akan tumbuh sedikit demi sedikit.

Bentuk-bentuk boneka horta sangat bervariasi antara lain Kura-kura, Babi, Sapi, Kodok, Gajah, Monyet, Macan, Kuda dan Mobil. Rambut hijau yang tumbuh pada bagian kepala boneka adalah tumbuhan asli, biasanya menggunakan rumput gandum atau wheatgrass.

Jadi, biarkan anak-anak Anda berkreasi dalam memangkas tanaman boneka hortanya menurut imajinasi mereka sendiri. Biarpun di pangkas, rambutnya akan tumbuh lagi. Penggunaan awalnya adalah dengan merendam boneka horta dengan air lalu menyiram kepalanya setiap harinya (pada paket boneka yang dikirim akan disertakan panduan cara menggunakan booneka horta). Nantikan perkembangannya. Mengasyikkan sekali 🙂

Boneka horta ini juga dikenal dengan boneka rumput. Salah satu variasi lanjutan dari boneka rumput horta ini adalah boneka potty, yaitu boneka-boneka yang dirancang sebagai pot, hebatnya karena boneka ini dirancang khusus agar akar tanaman bisa berkembang di dalam boneka tersebut. Hal ini membuat Aneka macam tanaman baik tanaman hias maupun sayur-sayuran dapat ditanam dalam boneka potty lucu ini.

Perbedaan utama dari boneka horta dan boneka potty terletak pada daya gunanya. Boneka horta digunakan hanya satu kali, sedangkan boneka potty dapat digunakan berkali-kali, karena berfungsi sebagai pot tempat menyemai aneka benih di atasnya. Super asyik!

‘Boneka ajaib’ ini dirancang, didesain dan diproduksi oleh anak negeri loh. Boneka ini dirancang oleh mahasiswa Fakultas Agronomi-Holtikultura IPB pada tahun 2004. Hingga saat ini, banyak sekali peminatnya di seluruh nusantara. Hebatnya lagi, boneka rumput ini sudah mendapatkan Rekor MuRI (Museum Rekor Indonesia) dan banyak dimuat di berbagai media. 🙂

Manfaat boneka horta dan potty:

  1. Memperkenalkan kegiatan berkebun (menanam dan merawat tanaman) ke anak-anak pada usia dini
  2. Mengajarkan anak-anak untuk lebih bertanggungjawab, kreatif, imajinatif, dan disiplin karena harus menanam mainan barunya yaitu si boneka horta dan boneka potty
  3. Memanfaatkan sisa-sisa industri kayu sehingga mengurangi limbah
  4. Mengajarkan cinta dan peka serta peduli lingkungan kepada anak
  5. Hadiah yang sangat unik dan tidak biasa untuk orang terkasih
  6. Sebagai souvenir eco friendly dan go green, turut ikut dalam memerangi global warming atau pemanasan global.

News Feed