oleh

Cara Menanam Lidah Mertua yang Baik dan Benar

Teknik penanaman tanaman hias lidah mertua dapat dilakukan dengan penanaman bibit jadi, ataupun melalui peranakan yang tentunya membutuhkan waktu lebih lama. Sebagaimana yang diketahui bahwa lidah mertua yang memiliki nama latin Sansevieria merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Tanaman hias yang memiliki ciri-ciri daun menjulur ke atas dengan ujung runcing, keras dan kaku dengan warna belang antara hijau tua dan muda dan pinggiran daun berwarna kuning ini pada umumnya digunakan sebagai tanaman hias dengan media pot.

Lidah mertua sendiri memiliki berbagai varietas, yang beberapa diantaranya tergolong sebagai tanaman eksklusif dengan harga yang sangat tinggi. Tak heran jika banyak orang yang membudidayakan tanaman hias ini, mengingat peluang usahanya yang cukup bagus. Berbagai varietas tanaman genus Sansevieria ini bisa Anda lihat disini.

Namun bagi anda yang ingin menanamnya sendiri di rumah juga cukup mudah, karena tanaman lidah mertua ini memiliki daya tahan hidup yang tinggi dan perawatan yang sangat mudah, bahkan tanaman ini juga mampu bertahan di empat musim dan tetap menghasilkan corak dan warna yang menawan. Selain bermanfaat sebagai tanaman hias, lidah mertua juga banyak dimanfaatkan untuk penyegar ruangan. Namun selain itu semua lidah mertua memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk lingkungan. Apa saja manfaat dari tanaman hias lidah mertua ini?

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Lidah mertua merupakan tanaman yang berasal dari Afrika. Lidah mertua termasuk ke dalam jenis tanaman hias pembersih udara dalam ruangan karena memiliki beberapa kandungan senyawa seperti pregnane glycoside, gula dan asam amino, yang memiliki beragam manfaat, yang antara lain untuk menyerap polusi udara dan menguraikan beragam senyawa beracun seperti karbon dioksida, benzene, kloroform, tri kotilen, formal dehid ataupun racun rokok yang mencemari udara.  Lidah mertua juga mampu menyerap radiasi dari barang-barang elektronik seperti televisi, komputer, ataupun gadget, penghasil oksigen yang tinggi, sebagaimana yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang tanaman penyerap radiasi elektronik. Kemudian sebagai aroma terapi, antiseptik, untuk hair tonik alami, membantu pengobatan wasir hingga bernilai ekonomi dengan digunakannya tanaman lidah mertua ini sebagai bahan kreasi anyaman.

Cara Mudah Menanam Tanaman Lidah Mertua

Sebelum anda mulai menanam lidah mertua ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yang antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pemilihan Pot

Pemilihan pot ini harus disesuaikan dengan bentuk dan jenis tanaman lidah mertua, semakin besar tanaman, maka pot yang anda gunakan juga harus semakin besar dan tinggi. Pot yang dapat anda gunakan pun beraneka ragam, dari yang berbahan plastik, semen, tanah liat hingga keramik. Setiap material pot, memiliki kelebihan masing-masing. Pot dari tanah liat ataupun semen, memiliki kelebihan dalam penyerapan air, sehingga lebih bagus untuk tanaman, namun pot jenis ini relatif lebih mahal. Sedangkan pot berbahan plastik lebih murah namun kurang dapat menyerap air, sehingga diperlukan lubang pembuangan yang berfungsi untuk membuang kelebihan air. Kekurangan penyerapan air juga terdapat pada pot berbahan keramik, hanya saja pot berbahan keramik menawarkan penampilan yang indah menawan.

  • Media Tanam

Pada umumnya, tanaman hias lidah mertua merupakan tanaman yang memiliki karakteristik kering dan tidak menyukai kelebihan air. Sehingga pemilihan media tanam ini harus memperhatikan karakteristik tersebut serta memperhatikan unsur hara yang cukup. Untuk media tanam ada dua komposisi berdasarkan pengelompokan jenis tanaman yakni terdiri dari media tanam untuk varietas lidah kucing yang membutuhkan cukup air, dan varietas kering. Untuk varietas pertama, Anda dapat menyiapkan pasir malang, sekam bakar dan pupuk organik dengan komposisi 1:1:1. Sedangkan untuk varietas kering seperti lidah mertua berdaun silindris anda dapat mencampurkan pasir malang, sekam bakar dan pupuk organik dengan komposisi 2:1:1.

  • Penyiraman

Seperti yang telah dikemukakan di atas, tanaman hias lidah mertua merupakan tanaman yang menyukai media kering, sehingga penyiraman dilakukan seperlunya saja untuk memenuhi kebutuhan air pada media tanam. Selain itu agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, sesekali waktu anda dapat mengeluarkan tanaman agar terkena sinar matahari.

  • Pemupukan

Selain penyiraman, pemberian pupuk juga diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan. Untuk pupuk yang digunakan merupakan jenis pupuk yang tidak mudah larut, anda dapat menggunakan pupuk NPK 15-15-15 setiap tiga bulan sekali dengan ukuran 1 sendok untuk pot berdiameter 15 cm. Selain pupuk NPK Anda juga dapat memberikan pupuk kompos atau pupuk daun 1 minggu sekali.

  • Repoting Tanaman

Tanaman lidah mertua, merupakan tanaman yang berkembang biak dengan tunas, apabila tanaman ini terus berkembang biak, maka pot akan terlihat penuh dan sesak oleh tanaman. Untuk itu perlu dilakukan repoting atau penggantian pot dengan mengganti media tanam, dan memisahkan tunas baru dari tanaman induk untuk menjaga keindahannya.

Teknik Budidaya Tanaman Lidah Mertua

Bagi anda yang hendak membudidayakan atau memperbanyak tanaman lidah mertua caranya sangatlah mudah. Proses pembudidayaan tanaman ini dapat dilakukan dengan tiga cara, yakni pemisahan tunas, stek daun dan stek pucuk daun.

Memperbanyak tanaman lidah mertua dengan pemisahan tunas

Tanaman lidah mertua akan mulai bertunas apabila usianya mencapai 1 tahun. Pemisahan tunas dari tanaman induknya ini dapat dilakukan setelah tunas berumur 2-4 bulan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Pilih tanaman induk yang rimbun, untuk mendapatkan beberapa tunas.
  2. Keluarkan semua tanaman dari pot, bersihkan media tanam dengan tanaman dengan cara diketok pelan.
  3. Ambil tunas yang memiliki daun minimal 3 helai, potong dengan pisau yang tajam, selanjutnya olesi bekas potongan dengan pestisida.
  4. Setelah pemisahan tunas selesai, masukkan tanaman kembali pada pot baru yang telah disediakan.
  5. Sebelum ditanam, isi 3/4 pot dengan media tanam, letakkan tunas tanaman dan tambahkan media tanam hingga memenuhi bagian pot.
  6. Selanjutnya tambahkan pupuk NPK.
  7. Terakhir siram tanaman hingga air mengalir dari dalam pot, dan letakkan di tempat yang teduh.

Memperbanyak tanaman lidah mertua dengan stek daun

Cara memperbanyak tanaman lidah mertua dengan cara stek daun ini sama seperti tanaman hias lainnya, yakni dengan memilih indukan yang ukurannya cukup besar, sehat dan cukup umur, pilih daun yang paling tua, dan tancapkan pada pot yang telah diisi media tanam. Namun untuk cara ini, anda juga harus menyesuaikan jenis tanaman lidah mertua, karena setiap jenis tanaman ini memiliki karakteristik daun yang berbeda. Untuk jenis tanaman yang memiliki karakteristik daun panjang dan keras, daun dapat dipotong menjadi beberapa bagian dengan ukuran 10 cm, sedangkan untuk jenis tanaman lidah mertua yang memiliki daun pendek, pada penyetekan daun dilakukan setiap helai untuk satu tanam. Siram tanaman hingga mengalir dari dalam pot, selanjutnya letakkan tanaman stek ini ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

 Memperbanyak tanaman lidah mertua dengan stek pucuk

Untuk cara yang ketiga ini proses pembudidayaan dilakukan dengan memisahkan tunas yang baru tumbuh. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama terkait dengan proses pemotongan pucuk tunas. Pilih tanaman indukan yang telah cukup umur, paling tidak telah memiliki 12 helai daun, pilih tunas yang memiliki 4 helai daun, selanjutnya potong bagian pucuk tanaman secara perlahan, jangan sampai daun terlepas satu sama lain. Diamkan pucuk tunas selama 2 hari di tempat yang kering, Dan terakhir tanam potongan pucuk di media tanam. Siram tanaman secukupnya, dan pindahkan ke tempat yang teduh.

Demikianlah beberapa teknik penanaman dan pembudidayaan tanaman lidah mertua yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Mengingat betapa mudahnya cara penanaman dan kayanya manfaat tanaman hias lidah mertua ini, tidakkah anda tertarik untuk merawatnya di rumah?

News Feed