oleh

Cara Merawat Tanaman Hias Rambat Cypress Vine

Apakah Anda sedang mencari tanaman rambat sebagai hiasan untuk tembok rumah? Atau Anda memerlukan tanaman untuk menghiasi beranda rumah? Ada sebuah tanaman rambat yang cocok untuk ditanam di rumah. Jika Anda mencari tanaman rambat yang memiliki bunga menarik, kecil, dan berwarna-warni, cypress vine lah jawabannya. Selain cypress vine, kami juga menyediakan aneka bibit tanaman bunga hias yang tidak kalah menarik,

Ipomoea quamoclit (cypress vine, cypressvine morning glory, cardinal creeper, cardinal vine, star glory, atau hummingbird vine) adalah sebuah spesies dari Ipomoea morning glory yang berasal dari bagian tropis di Amerika Selatan sampai ke Meksiko.

Tanaman ini mampu tumbuh hingga sepanjang tiga meter. Panjang daunnya sekitar 2-9 cm. Daunnya menyerupai bulu burung dengan masing-masing sisinya memiliki 9-19 helai daun kecil. Bunganya memiliki panjang 3-4 cm dengan diameter 2 cm. Bunganya berbentuk trompet dengan lima sudut. Warna bunganya mulai dari merah, pink, hingga putih. Jika dilihat dari klasifikasinya, tanaman ini masih termasuk ke dalam keluarga kangkung-kangkungan.

Tanaman ini secara umum dibudidayakan sebagai tanaman hias, baik itu di negara-negara tropis maupun bukan, walaupun tanaman ini tidak bisa hidup di daerah bersalju.

Saat penanaman dengan biji, diharapkan media tanamnya selalu lembap. Ia juga membutuhkan cahaya matahari yang cukup agar bisa tumbuh. Tanaman ini sangat menarik perhatian burung penghisap madu. Tanaman ini tumbuh dengan cepat. Bahkan di daerah beriklim hangat, tanaman ini bisa tumbuh dengan amat cepat. Di Indonesia tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. Bahkan di pulau Jawa, kita bisa melihat banyak rumah yang menanam tanaman ini, bahkan membiarkannya menyentuh tanah.

Selain dijadikan hiasan, orang-orang sering menjadikan tanaman ini sebagai obat herbal. Manfaat tanaman ini untuk kesehatan adalah sebagai pengobat wasir, penurun panas, hingga mengobati borok pada kulit. Anda hanya tinggal merebusnya lalu meminum racikan ini.

News Feed