oleh

Ciri-Ciri dan Karakteristik Tanaman Bonsai

Ciri-ciri dan karakter dari tanaman bonsai perlu anda ketahui sebelum memutuskan membeli atau mulai budidaya bonsai. Karena kebanyakan masyarakat hanya mengenal bonsai sebagai tanaman pendek saja. Padahal sebenarnya kedua jenis tersebut berbeda. Untuk itu kita harus mengetahui ciri-ciri dari bonsai mulai dari ukuran hingga gaya bonsai.

Syarat utama tanaman dapat disebut bonsai

Tanaman bonsai merupakan wujud karya seni yang hidup. Tetapi nila seni tersebut akan berkurang bila tidak dirawat dengan baik. Suatu tanaman dapat disebut bonsai bila memenuhi syarat utama yaitu dalam segi ukuran, bentuk, dan umur. Berikut penjelasan lebih rinci.

Ukuran

Mengukur bonsai memiliki kriteria tersendiri. Bonsai bergaya tegak lurus dan miring diukur mulai pangkal akar sampai puncak tertinggi pohon. Sedangkan untuk bonsai setengah menggantung pengukuran dimulai dari pangkal akar hingga mahkota samping. Bonsai dengan gaya menggantung diukur dengan cara berbeda. Untuk bonsai menggantung bermahkota, pengukuran dimulai dari mahkota hingga ujung urai terbawah. Sedangkan yang tidak bermahkota, diukur mulai dari batas lekukan batang sampai ujung uraian.

Bonsai memiliki berbagai ukuran mulai dari sangat kecil, kecil, hingga kerdil. Apabila di alam tanaman tersebut tumbuh hingga puluhan meter, maka tinggi tanaman bonsai 1,5 meter tergolong kerdil. Dilihat dari segi ukuran, bonsai digolongkan menjadi 5 kelompok.

Sangat kecil

Bonsai sangat kecil dinamakan mame bonsai. Ukuran bonsai sangat kecil 5-15 cm. Bonsai mini ditanam dalam pot sangat kecil dan sering digunakan sebagai hiasan meja.

Kecil

Bonsai dengan ukuran 15-30 cm ini disebut juga dengan ko bonsai. Bonsai ini yang paling banyak dirawat masyarakat Indonesia. Bonsai kecil bisa tumbuh hingga tiga kali tinggi pot.

Sedang

Ukuran bonsai sedang berkisar 30-60 cm. Biasanya orang menyebut dengan chiu bonsai. Perbandingan tinggi bonsai dengan pot adalah 3:1. Bonsai sedang sering diletakkan di sudut ruangan sebagai hiasan. Pastikan tanaman bonsai mendapat sinar matahari.

Besar

Bonsai berukuran besar berukuran 60-90 cm. Bonsai ini sering disebut dengan dai bonsai. Untuk bonsai besar cocok digunakan sebagai tanaman hias halaman rumah. Karena ukuran potnya besar dan berat.

Sangat besar

Meskipun jenis bonsai, tetapi ada yang memiliki ukuran 90-150 cm. Bonsai ini cocok ditata di taman karena ukurannya sangat besar.

Bentuk

Bonsai memiliki detail yang mirip dengan bentuk asli di alam. Selain itu, harus ada keseimbangan antara akar, batang, dan daun sehingga indah dipandang.

Umur

Tanaman bonsai biasanya nampak lebih tua dibanding tanaman lain yang seumuran. Disebut tampak tua bukan berarti usia bonsai harus tua. Bisa saja bonsai baru berumur belasan tahun tetapi terlihat berumur ratusan tahun. Dengan perawatan baik, bonsai memang dapat mencapai usia ratusan tahun.

Ciri-ciri tanaman dapat dijadikan bonsai

Pemilihan jenis tanaman untuk bonsai erat kaitannya dengan bakalan bonsai yang akan dipelihara. Banyak jenis tanaman yang dapat dijadikan bonsai. Tetapi tanaman tersebut harus memenuhi kriteria tertentu. Untuk tunggul sendiri tidak perlu memiliki terlalu khusus. Biasanya pecinta bonsai mengikutkan tunggul untuk menambah kesan bagus dan unik. Berikut ciri-ciri tanaman yang cocok dibonsai.

Tanaman dikotil

Tanaman berkeping dua atau dikotil bagus untuk dijadikan bonsai. Kelebihan tanaman dikotil adalah mampu beradaptasi di lahan sempit seperti pot. Selain itu batangnya berkambium dengan struktur kuat sehingga cocok dibonsai. Memang ada beberapa tanaman monokotil yang yang dikerdilkan seperti kelapa gading atau bambu. Namun tetap tidak disebut sebagai bonsai sejati.

Mampu beradaptasi

Tanaman yang akan dibonsai harus memiliki ketahanan beradaptasi pada lingkungan sempit, tidak terkena air hujan, dan sinar matahari. Karena bonsai biasanya diletakkan di dalam ruangan, sehingga akar tidak dapat maksimal menyerap makanan.

Berumur panjang

Ciri tanaman yang dapat dijadikan bonsai harus bisa bertahan hidup lama. Tanaman bonsai memerlukan proses cukup lama untuk mendapatkan keindahan. Maka bonsai harus tumbuh lebih lama.

Berdaun lebat dan tidak mudah rontok

Tumbuhan yang memiliki daun lebat biasanya tumbuh lebih lambat. Terlebih jika daun berbentuk kecil dan tidak mudah rontok, akan membantu proses pembentukan bonsai.

Bentuk indah alami

Salah satu daya tarik bonsai yakni terbentuk indah secara alami. Baik bentuk akar, batang, daun, bunga, hingga buah. Dengan teknik pembentukan khusus maka tanaman nampak proporsional.

Tahan dibentuk paksa

Beberapa teknik dilakukan untuk membentuk bonsai dengan tampilan terbaik. Mulai dari pemahatan, pengawatan, hingga pemangkasan. Jika tanaman tidak tahan biasanya akan mati.

Meskipun harus melalui syarat yang berat, tetapi tidak sedikit pohon yang bisa dijadikan bonsai. Jenisnya cukup beragam dengan keindahan masing-masing. Tanaman seperti asam kranji, cemara, dan pinus sangat cocok jika diambil tunggulnya. Jika anda ingin mendapatkan bakalan dari proses penanaman biji, maka pilihlah sawo, jambu biji, dan delima. Bakalan bonsai cemara dan jambu biji juga dapat diperoleh dari sistem stek. Dan jenis tanaman yang paling sering dijadikan mame bonsai atau bonsai sangat mini adalah beringin.

Para penggemar bonsai lebih menitik beratkan syarat bentuk daripada umur dan ukuran. Sebatang bonsai yang bentuknya indah dan unik akan lebih berharga dibanding bonsai tua dengan bentuk biasa. Bagaimana menurut anda? Apakah sudah berniat memiliki salah satu dari bonsai tersebut?

News Feed