oleh

Daftar Ikan Mas Hias asli Indonesia

Ikan Mas Hias adalah salah satu ikan air tawar. Ikan ini merupakan salah satu ikan yang berhasil dibudidayakan. Dan ikan mas hias adalah salah satu ikan hias akuarium yang cukup populer dan digemari oleh para pecinta ikan.

Ikan mas hias biasanya digunakan untuk memenuhi kepuasan batin dan sebagai hobi koleksi ikan hias. Selain itu adanya ikan hias ini juga bisa dijadikan untuk hiasan atau pajangan serta dipelihara di beberapa kolam taman ataupun akuarium.

Ikan mas hias (Carassius auratus auratus) merupakan ikan air tawar dari varietas Cyprinidae dan ordo Cypriniformes. Ikan mas hias merupakan salah satu ikan yang pertama kali berhasil di domestikasi, dipelihara, dan dibudidayakan manusia.

Saat ini, ikan mas hias atau yang terkadang disebut secara singkat sebagai ikan mas, merupakan salah satu ikan hias akuarium yang paling populer.

Warna-warninya yang cerah dan sirip yang panjang menjadi sebab. Namun, beberapa varietas dapat bertahan cukup lama hingga dapat kawin dengan kerabatnya. Bahkan, beberapa varietas dapat bertahan hidup hingga berkembang biak di iklim dan lingkungan kolam.

Salah satu jenis ikan mas hias yang pertama kali di budidaya adalah ikan mas dari jenis spesies Carassius auratus. Ikan jenis ini sebenarnya tidak terlalu berwarna dan berasal dari Asia Timur, tepatnya di Tiongkok, kurang lebih 1000 tahun yang lalu.

Sejak saat itulah mulai berkembang beberapa ras berbeda dari ikan mas hias. Di Indonesia, ikan mas merujuk pada ikan mas hias dimana masih ada kerabat ikan yang dapat dikonsumsi sebagai bahan lauk pauk.

Ikan mas hias memiliki keanekaragaman yang luar biasa, ada banyak perbedaan dari ikan mas hias, mulai dari perbedaan bentuk, ukuran, susunan sirip, dan warna dengan campuran warnanya antara lain putih, hitam, cokelat, kuning, jingga dan merah.

Berikut beberapa jenis ikan hias asli Indonesia dari spesies ikan mas antara lain:

Ikan Mas Moor Hitam

Merupakan jenis ikan mas yang juga bermata teleskop dengan ciri mata besar dan menonjol ke luar. Di jepang ikan ini dikenal dengan sebutan kuro demekin atau mata naga di Tiongkok.

Ikan Mas Komet

Merupakan varietas yang paling umum di Amerika Serikat, memiliki ciri yang hampir sama dengan ikan mas biasa, namun ukurannya lebih kecil, langsing dan mudah dibedakan karena ekornya panjang dan bercabang.

Ikan Mas Mata Gelembung

Dinamakan mata gelembung, karena ikan ini memiliki mata yang mengarah ke atas, namun terdapat 2 kantung mata yang berisi cairan, sehingga terlihat seperti gelembung.

Ikan Mas Kepala Singa

 

Ciri ikan mas kepala singa ini yaitu memiliki tudung kepala, hal ini sama dengan leluhurnya yaitu ranchu.

Ikan Mas Pompom

Ikan mas pompom atau hana fusa, memiliki ciri yang cukup unik yaitu ada sekumpulan daging tumbuhdiantara lubang hidungnya yang masing-masing satu pada kedua belah sisi kepalanya.

Ikan Mas Oranda

Jenis ikan hias asli Indonesia selanjutnya yaitu ikan mas Oranda. Ciri khas dari ikan mas oranda ini adalah tudung kepala yang menonjol berbentuk frambosen yang hampir memenuhi seluruh bagian kepala, kecuali mulut dan matanya.

Ikan Mas Sisik Mutiara

Dikenal dengan sebutan Chinshurin, dalam bahasa Jepang, ikan ini berbadan layaknya bola dengan sisik-sisik kecil seperti mutiara.

Ikan Mas Mata Teleskop

Dalam bahasa Jepang, mata teleskop berarti demekin dengan ciri mata yang menonjol ke luar. Ikan ini juga dikenal sebagai mata globe atau mata naga.

Ikan Mas Moor Panda

Disebut Moor Panda karena ikan ini memiliki pola warna yang sama seperti panda yaitu hitam putih, dengan mata yang menonjol ke luar.

Ikan Mas Ekor Cadar

Ciri utama ikan mas ini adalah memiliki ekor ganda yang sangat panjang. Selain itu, ikan mas ekor cadar ini juga tidak boleh ada kerusakan sedikit pun pada siripnya, karena itu adalah standar keindahannya yang membuatnya terlihat seperti menggunakan tudung pengantin.

Ikan Mas Ekor Kupu-kupu

Memiliki keturunan mata teleskop, ikan ini juga memiliki ekor ganda yang paling indah jika dilihat dari atas. Siripnya dapat mengembang menyerupai sayap kupu-kupu.

Ikan Mas Telur

Disebut ikan mas telur karena ikan ini merupakan ikan buatan yang dikembangbiakan dari ikan hias. Ikan ini tidak memiliki sirip punggung dan badannya bulat layaknya telur.

Ikan Mas Meteor

Masih berasal dari pemijahan ikan hias, ikan ini tidak memiliki sirip ekor dan merupakan satu-satunya varietas teraneh.

Ikan Mas Insang Keriting

 

Merupakan salah satu jenis ikan mas hias yang tidak biasa karena terdapat keunikan pada bentuk tutup insangnya yang terbalik.

Ikan Mas Shubunkin

Berarti brokat merah dalam bahasa Indonesia, ikan ini memiliki ekor tunggal dengan sisik yang berklau seperti mutiara serta memiliki pola warna kaliko.

Ikan Mas Kumpay

Jenis ikan hias asli Indonesia ikan mas kumpay mempunyai sirip yang panjang dan berumbai. Ikan mas kumpay ini terlihat cukup sangat indah pada saat berenang. Ikan mas ini mempunyai warna sisik yang cukup sangat bervariasi. Warna kuning keemasan dihiasi dengan bintik hitam di punggung membuat ikan ini terlihat menawan.

Dari segi pertumbuhan, ikan mas kumpay termasuk jenis ikan yang pertumbuhannya lambat. Selain dijadikan ikan hias, ikan mas kumpay juga bisa dikonsumsi.

Ikan Mas Kancra Domas

Jenis ikan hias ini terdengar asing di telinga. Namun, ternyata ikan ini justru termasuk jenis ikan yang banyak dikonsumsi. Adapun ciri-ciri ikan mas kancra domas adalah sebagai berikut:

Memiliki bentuk tubuh yang memanjang.
Bergerak seperti ikan mas Taiwan, yakni aktif dan kurang jinak.
Memiliki sisik berukuran kecil dan susunannya tidak beraturan.
Memiliki warna sisik yang bervariasi, mulai dari biru, hijau, dan cokelat.
Di bagian perut, warna ikan ini semakin terang keperakan atau keemasan.

Ikan Mas Kaca

Jenis ikan mas hias selanjutnya adalah ikan mas kaca. Ikan mas ini disebut dengan ikan mas kaca karena tidak memiliki banyak sisik. Bagian tulang ikan bisa terlihat dari kulit yang tidak ditutupi sisik, persis seperti kaca. Terdapat sisik berwarna putih mengkilap di sepanjang gurat sisi dan sekitar pangkal sirip.

Ikan Mas Fancy

Jenis ikan mas fancy mempunyai bentuk tubuh memanjang. Sisik ikan ini mempunyai warna yang bervariasi yaitu warna merah dan juga kuning. Diketahui terdapat semacam totol-totol hitam yang terdapat di tubuh ikan hias ini. Ikan mas ini disebut ikan mas fancy karena warna sisiknya yang beraneka ragam dalam tiap ekor ikan.

.

News Feed