oleh

Daftar Tanaman Air Penghias Kolam

Memiliki kolam minimalis di taman merupakan salah satu tren yang sangat populer belakangan ini. Kolam yang identik dengan suara gemercik air akan sangat cocok berada di rumah-rumah perkotaan berhawa panas, gersang dengan suasana monoton. Hal ini akan memberikan sentuhan menyejukkan dan terkesan lebih alami. Kolam biasanya diisi dengan ornamen hidup seperti ikan hias yang akan memberikan efek rileksasi ketika dipandang. Banyak pakar yang mengatakan bahwa saraf-saraf yang menegang seketika akan rileks pada saat memandang ikan-ikan yang berenang di kolam.

Jadi, saat mata Anda terasa jenuh karena seharian berhadapan dengan komputer kerja, pikiran mumet karena tugas-tugas yang bertumpuk, cobalah memanjakan pandangan Anda sejenak dengan kolam hias yang di dalamnya terdapat ikan. Dijamin, bisa segar kembali. Selain ikan hias, penambahan tanaman aquatik atau aquatic plant pada kolam juga merupakan opsi menarik yang makin banyak digandrungi saat ini karena memiliki double fungsi yang ditawarkan. Yaitu selain memberi kesan lebih indah, dengan sendirinya juga akan membersihkan air kolam tersebut.

Sebenarnya ada banyak pilihan tanaman aquatik yang dapat dijadikan penghias kolam rumah Anda. Berikut beberapa rekomendasinya:

  • Teratai

Teratai tumbuh mengapung diatas permukaan air dengan aneka warna yang lembut dan elegan. Ada yang biru , merah, kuning, putih dan merah muda. Daun tanaman yang sering disebut water lily ini berbentuk bulat, melebar dan mengapung menopang bunganya yang tumbuh diatasnya. Bunga yang dihasilkan sangat cantik, berasal dari tangkai kecil nyaris tak nampak dari rizoma pada lumpur di dasar kolam. Baca juga artikel tentang bunga teratai si pemberi warna pada kolam yang telah dibahas sebelumnya.

  • Bunga Seroja atau Lotus

Tanaman aquatik bergenus Nelumbo ini sering disamakan dengan bunga teratai. Padahal sangat berbeda Dari segi pertumbuhannya, teratai berbunga tepat diatas daunnya yang mengapung sedangkan seroja memiliki tangkai tunggal yang kokoh tumbuh tegak menopang daun dan bunganya di atas permukaan air.

Selain itu, tepi daun bunga seroja terlihat bergerigi sedangkan daun teratai hanya bergelombang. Kelopak bunganya juga berbeda. Teratai memiliki jumlah kelopak bunga yang banyak dan bertumpuk-tumbuk, berbentuk lonjong dengan ujung yang runcing, seperti kuku. Sementara seroja memiliki kelopak yang tidak terlalu banyak dan melebar bulat dengan ujung yang tidak begitu runcing.

  • Apu-apu

Apu-apu kadang disebut dengan water cabbage karena bentuknya yang menyerupai sayuran kol yang merekah. Juga dijuluki kapu-kapu atau kayu apung. Jika teratai dan seroja memiliki warna-warni yang berasal dari bunganya, apu-apu hanya didominasi dengan warna hijau tua. Namun hal ini tidak mengurangi keindahannya ketika disebar pada permukaan kolam. Karena daunnya yang berbulu halus seperti sutra, merekah berlapis-lapis seperti bunga yang memiliki banyak kelopak. Sangat ideal ketika dikombinasikan dengan kolam yang memiliki ikan hias berwarna-warni.

  • Eceng gondok

Tanaman yang awalnya disebut-sebut sebagai tanaman pengganggu tanaman lain ini ternyata bisa dijadikan alternatif penghias kolam Anda. Kolam akan terlihat lebih cantik dengan tampilan eceng gondok yang unik. Daunnya berbentuk seperti kepala ular kobra yang melebar dengan ujung tangkai yang menggembung. Bunganya cantik, berwarna violet, tumbuh subur bertumpuk-tumpuk antara bunga yang satu dengan yang lain.

  • Papirus air (Papyrus, genusnya Cyperus)

Tanaman hijau ini dapat tumbuh di air juga di darat sehingga disebut tanaman semi aquatik. Papirus air tumbuh tegak mencapai ketinggian batang 2 meter. Di ujung atas batangnya terdapat daunnya yang majemuk, panjang-panjang dan tipis seperti daun palem bambu yang membentuk pola bulat. Jika diperhatikan, seperti memayungi batangnya yang ramping.

  • Selada air

Selada air atau watercress, begitu sebutannya dalam Bahasa Inggris, adalah salah satu tanaman hijau, termasuk dalam jenis sayur-sayuran yang biasa dibuat bahan pembuat salad sayur. Baik dikonsumsi karena mengandung sifat anti-kanker. Karena hidup di air tanaman sayur ini juga cocok jika dijadikan salah satu pilihan tanaman yang bisa dikombinasikan dengan air tawar kolam Anda. Bentuknya yang kecil mungil akan menambah kesan minimalis kolam Anda.

  • Tetepok

Tetepok merupakan salah satu tanaman penghias kolam yang sangat cantik. Wajib menjadi penghias kolam Anda apalagi jika kolam Anda berukuran agak besar. Daunnya yang lebar menyerupai simbol love yang berbentuk hati. Tak heran jika di luar negri dijuluki floating heart karena diibaratkan sebagai hati yang mengapung. Bunganya berwarna putih, bertekstur sangat lembut seperti serbuk salju yang berjejer diatas permukaan air. Sehingga dijuluki juga Water Snowflake.

Tanaman-tanaman aquatik di atas merupakan beberapa tanaman penghias kolam yang paling banyak diburu orang-orang, karena selain memberi nilai tambah pada kecantikan kolam, juga dapat menunjang kelangsungan hidup ekosistem lain yang ada di dalam air. Keberadaannya dapat menyerap racun-racun di dalam air, menghisap polutan, menjadi tempat berlindungnya ikan-ikan dari teriknya sinar matahari, juga tempat perkembangbiakan ikan-ikan yang menitipkan telur-telurnya pada tanaman tersebut.

News Feed