oleh

Daftar Tanaman bunga lipstik

Tanaman Lipstik Merah. Sebutan lipstick plant sebenarnya hanya ditujukan pada sejumlah spesies Aeschynanthus sp. Namun melihat selintas dari sosoknya yang unik, banyak jenis tanaman yang mirip dengannya. Lantaran kesamaan fisik tersebut orang susah membedakan dengan yang asli.

Bunga lipstik memang banyak digemari orang.Bentuk bunga yang silinder dan berwarna merah mengingatkan orang pada pemerah bibir. Jika mengamati bunganya, sebenarnya di sekeliling kita masih banyak bentuk serupa. Misalnya jenis-jenis columnea dan smithiantha. Wujudnya pun tak kalah dengan aslinya.

Tanaman bunga lipstik
1. Columnea Gloriosa

Sosok bunganya selintas memang mirip lipstick plant. Tanaman yang disebut juga goldfish plant ini mempunyai bunga berbentuk tabung menjulur keluar. Warnanya merah menyala dan seperti memiliki lidah di bagian pucuk. Uniknya lidah tersebut berwarna kuning, sehingga tampak kontras. Panjang bunga sekitar 8 cm.

Selain bunga, bentuk daun dan cara pertumbuhannya bak kembaran tanaman bunga lipstik. Daun oval, mengkilap, dan tumbuh berselang-seling. Uniknya di permukaan daun tampak rambut-rambut kecil berwarna kemerahan.

2. Columnea Microphylla

Serupa dengan lipstik, tanaman ini tumbuh merambat. Panjangnya bahkan bisa mencapai 1 m. Bunga merupakan salah satu daya tariknya. Wujudnya yang serupa tabung memanjang mengingatkan pada bunga lipstik. Warnanya pun merah menyala.

Meski sama-sama merambat dan bersosok bunga serupa, daun menjadi hal yang membedakannya. Jika ukuran Aeschynanthus besar, maka C. microphylla lebih kecil dan rapat. Selain itu bentuknya pun agak membulat dan tipis.

3. Columnea Hirta

Di antara spesies columnea, tanaman lipstik merah C. hirta relatif paling mirip dengan bunga lipstik. Lihat saja ukuran bunga dan warnanya yang mencolok. Kekontrasan bunga disebabkan warna daun yang hijau gelap sehingga memunculkan keindahan bunganya.

Sosok bunga tampak lebih besar, dengan ukuran 10 cm. Sifatnya yang rajin berbunga dan menambah deretan kemiripannya. Selain bunga, daun yang bulat panjang tertata rapih di dasar bunga.

4. Smithiantha Sp

Berbeda dengan spesies columnea, tanaman ini tak tumbuh merambat. Ia justru bersifat tegak, menyemak dan tampak kokoh. Tingginya bisa mencapai 60 cm. Daunnya pun tak berukuran kecil melainkan besar dan berbulu.

Yang serupa dengan tanaman lipstik adalah bunganya. Berbentuk tabung, menjulur keluar, dan berwarna merah menyala, selain warna merah jenis lainnya juga ada yang berwarna pink, flamingo berbintik-bintik. Bunga memiliki semacam lidah yang berwarna kontras. Menambah keindahan sosoknya.

News Feed