oleh

Daftar Tanaman Bunga yang Paling Mudah Perawatannya

Tumbuh dengan menghasilkan bunga-bunga yang indah membuat tanaman bunga biasanya lebih diminati dibanding tanaman hijau yang tidak menghasilkan bunga. Tanaman bunga tumbuh dengan cara yang berbeda-beda juga karena curah hujan yang tidak sama di tiap tempat, membuat beberapa tanaman memiliki karakteristik yang beda-beda pula. Ada yang dapat tumbuh dimana saja, ada yang hanya bisa tumbuh di beberapa tempat saja, ada yang dapat tumbuh membutuhkan perawatan ekstra, juga ada yang dapat tumbuh liar dengan baik tanpa melakukan perawatan sekalipun.

Jangan berpikir bahwa tanaman bunga yang tumbuh mudah hanya tanaman yang menghasilkan bunga sederhana saja. Banyak tanaman dengan bunga-bunga indah yang dapat dengan mudah dipelihara. Berikut ini adalah rekomendasi BibitBunga.com bagi Anda yang ingin mencari tanaman hias bunga yang mudah dirawat.

  • Bunga Asoka

Bunga Asoka atau bunga Soka paling sering ditemukan berjejer sebagai pagar tanaman hidup di berbagai rumah penduduk baik di pedesaan atau di perkotaan, juga banyak digunakan sebagai tanaman pembatas pagar di taman-taman kota. Tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah dan tidak memerlukan perawatan intens karena tahan terhadap cuaca dingin ataupun cuaca panas. Tahan terhadap terpaan hujan deras bahkan cahaya terik matahari sekalipun.

Perawatannya hanya dengan memangkasnya ketika tumbuh sangat rimbun untuk memperoleh tampilan bunga Asoka yang indah. Dari segi pemupukan dan penyiraman,tidak harus rutin, seperlunya saja. Bunga-bunga yang dihasilkan beraneka ragam warna, namun yang paling sering ditemukan adalah bunga Asoka yang berwarna merah dan orange. Bunga-bunganya memiliki banyak nektar yang manis sehingga sangat disukai oleh serangga-serangga penyerbuk.

  • Kembang Sepatu

Tanaman kembang sepatu berasal dari genus Hibiscus, ini dapat tumbuh subur dengan bunga-bunganya yang merekah segar bahkan pada saat terkena sinar matahari secara langsung selama terus menerus. Kembang sepatu dapat tumbuh tinggi dan besar sehingga perawatannya hanya memerlukan pemangkasan untuk mengontrol ukurannya agar terlihat lebih ideal.

  • Bunga Melati

Bunga yang digadang-gadang sebagai bunga nasional Indonesia ini memiliki ukuran bunga yang mungil dengan warna putih lembut dan aroma semerbak yang sangat memikat. Walaupun bunganya kecil mungil, namun tanaman perdu ini dapat tumbuh besar dan berserakan, jadi dibutuhkan sedikit perawatan. Tidak ribet, hanya memangkas ranting-ranting yang mulai menjalar kemana-mana sehingga ukurannya tampak cocok dijadikan tanaman hias menawan jika ditanam di dalam pot.

  • Bougenville

Tanaman bougenville disebut juga sebagai bunga kertas, dapat tumbuh rimbun pada tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung ataupun tempat yang terus-menerus diterangi sinar matahari. Bunganya berwarna-warni, tidak jarang ditemukan corak-corak warna lain pada bunganya (ada yang sampai 3 atau 4 warna dalam 1 batang tanaman). Tekstur daunnya seperti kertas namun lembut. Pohon bunganya dapat tumbuh besar, jadi untuk mengendalikan ukurannya, bisa dipangkas dan dibentuk sedemikian rupa agar tampilannya juga lebih memikat.

  • Bunga Kemuning

Bunga ini hampir sama dengan melati, berwarna putih, berukuran mini dan beraroma harum, terutama kemuning jepang. Namun pada bunga melati, kelopaknya terlihat berlapis-lapis sedangkan pada kemuning kelopaknya keluar dengan helaian tunggal. Termasuk dalam kategori jenis tanaman bunga yang sangat mudah dari perawatannya. Kemuning sendiri terdiri dari beberapa jenis yaitu kemuning cina, kemuning jepang (paling harum), dan kemuning mikro (bunga kemuning yang baunya mirip kemuning jepang hanya saja daunnya berukuran lebih kecil sehingga disebut ‘mikro’).

  • Bunga Alamanda

Tanaman alamanda berasal dari genus Alamanda. Tumbuh dan menghasilkan bunga aneka warna (kuning, merah, putih, pink) seperti terompet serta beberapa varian corak yang sangat indah tidak menjadikannnya sebagai tanaman bunga yang rempong atau ribet. Perawatannya sangat mudah sehingga dapat ditanam pada daerah bercuaca ekstrim sekalipun.Bisa ditanam pada pot atau juga pada lahan pekarangan secara langsung.

  • Bunga kenanga

Kenanga merupakan tanaman yang menghasilkan bunga berwarna kuning dengan kelopak panjang-panjang. Proses pertumbuhannya terbilang cepat, tidak memerlukan pemupukan dan penyiraman intensif. Bunganya juga merebakkan aroma terapi wangi yang dapat merilekskan tubuh.

  • Bunga Bakung (Lily)

Berbagai warna-warni yang dihasilkan bunga lily membuatnya menjadi tanaman hias yang populer sebagai bunga potong. Warnanya memiliki arti atau makna yang menjadi ciri khasnya masing-masing. Tumbuh dengan mewah, tidak membuatnya susah untuk ditanam. Bisa ditanam dimana saja pada kondisi lingkungan dan cahaya yang ekstrim sekalipun. Bahkan kelebihannya selain cantik manawan, bunga yang dihasilkan juga banyak dan subur. Bunga lily juga marak dijadikan bunga potong karena selain elegan, tahan lama bunganya, bisa sampai dua minggu.

  • Bunga Amarilis

Amarilis berasal dari keluarga tanaman bunga umbi-umbian, masih kerabat sangat dekat dengan bunga bakung atau lily. Amaryllis termasuk ke dalam kategori jenis bunga yang mudah untuk dirawat, cocok diletakkan dalam ruangan karena dapat bertahan dalam tempat yang tidak terkena panas matahari hingga berhari-hari. Bunga Amarilis yang ditanam pada pot dapat dipindahkan dengan mudah pada wadah lain atau pada lahan pekarangan dengan bunga yang tetap segar. Sama seperti lily diatas, amarilis kami juga ada banyak jenis, ada yang merah, sovereign, ringgo, snowflake, dan lain-lain,

Di atas adalah beberapa jenis-jenis bunga yang temasuk gampang cara merawatnya, tidak menguras banyak waktu Anda, karena proses pemupukan dan penyiramannya tidak memerlukan jadwal khusus dan pencahayaannya pun dapat di sesuaikan oleh bunga-bunga itu sendiri. Bunga-bunga tersebut paling cocok untuk Anda yang cukup sibuk namun tetap menginginkan tampilan pekarangan atau rumah yang indah dengan bantuan tanaman hias. Silahkan jadikan alternatif utama Anda. Masih banyak kategori-kategori bunga yang bisa ditanam dengan mudah atau tahan banding alias bandel, namun yang diatas adalah jenis-jenis yang paling populer dan menurut kami paling layak Anda coba.

News Feed