oleh

Daftar Tanaman Penghasil Oksigen Terbesar dan Terbaik

Tanaman memang mempunyai peranan yang amat penting pada sirkulasi udara yang ada di dunia, dimana tanaman melalui proses fotosintesis mengubah CO2 menjadi O2. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini, bumi tengah mengalami perubahan lingkungan. Salah satu buktinya adalah udara yang terasa semakin panas. Apalagi saat matahari terbit, dimana pada waktu pagi hari udara tak lagi segar, yang dirasakan hanya hawa yang panas.

Tidak hanya itu, saat ini banyak sekali pencemaran udara yang telah dilakukan oleh manusia. Tentunya hal tersebut menjadikan udara menjadi tersebut. Secara langsung akan mempengaruhi kualitas udara yang semakin memburuk. Penyebab dari memburuknya kualitas udara disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil yaitu minyak bumi dan juga batu bara. Selain itu, juga diakibatkan oleh pembakaran bbm yang mengeluarkan gas CO2 ke atmosfer yang secara terus-menerus dan terakumulasi di atmosfer. Dimana kondisi tersebut akan menghalangi sinar matahari dari bumi kembali ke atas permukaan bumi. Hal tersebut lah yang menjadikan udara semakin panas.

Dengan kondisi udara yang semakin memprihatinkan tersebut tentunya sudah menjadi kewajiban manusia di dunia untuk tetap melestarikan lahan atau hutan yang saat ini telah semakin lenyap tergantikan oleh lahan terbuka ataupun rumah penduduk. Dimana manusia masih selalu membutuhkan oksigen yang semakin menipis dengan banyaknya karbon dioksida. Nah untuk itulah penanaman pohon dilahan gundul, sebaiknya sangat perlu di galahkan. Mengingat tanaman ataupun pohon merupakan salah satu sumber oksigen yang ada di bumi.

Manfaat pohon tentunya bisa didapatkan dan dirasakan setelah pohon benar-benar besar. Dimana saat melakukan fotosintesis, tumbuhan menyerap karbondioksida melalui stomata daun. Dimana dalam proses fotosintesis ataupun pertukaran gas yang ada di alam, tumbuhan masih membutuhkan zat hijau daun, udara dan juga air yang di ambil dari dalam tanah melalui tudung akar. Pada proses fotosintesis tersebut tumbuhan dibantu oleh sinar matahari. Hasil yang dikeluarkan oleh tumbuhan dari proses fotosintesis tersebut merupakan cadangan makanan yang berupa glukosa, yang diedarkan ke seluruh tubuh, guna untuk pembentukan tumbuhan dan juga sebagai cadangan makanan yang disimpan dalam buah-buahan. Selain glukosa, proses fotosintesis juga menghasilkan oksigen yang dikeluarkan. Oksigen tersebut menjadi sumber tenaga bagi makhluk hidup.

Semua pohon tentunya melakukan fotosintesis guna membuat makanannya sendiri. Dengan demikian, setiap pohon juga menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Namun terdapat beberapa pohon yang di nyatakan merupakan pohon penyerap karbon dioksida terbaik dan mampu menghasilkan oksigen secara maksimal. Pohon-pohon yang dimaksud di atas adalah:

1. Damar (agathis alba)

Pohon damar merupakan pohon asli yang tumbuh di indonesia yang tumbuh di wilayah maluku sulawesi, dan juga terdapat di luar indonesia, yaitu kepulauan Piliphina. Pohon ini sangat bermanfaat, pasalnya selain sebagai penghasil oksigen, pohon damar ini juga merupakan penghasil getah damar yang bisa di olah menjadi kopal sebagai bahan baku industri. Ciri khas dari pohon damar ini mencapai 65 meter. Dimana batangnya memiliki diameter bisa mencapai 1,5 meter. Kulit batangnya berwarna abu-abu muda hingga coklat kemerahan. Sedangkan daun pohon damar berbentuk buat memanjang sekitar 6-8 cm dengan lebar 2-3 cm.

2. Kupu-kupu (bauhinia purpurea)

Tanaman penghasil oksigen selanjutnya adalah bunga kupu-kupu yang bukan merupakan tanaman indonesia.ukuran pohon bunga kupu-kupu ini berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 5 meter. Daunnya yang berukuran 10-20 cm memang menyerupai kupu-kupu. Sedangkan bunganya membentuk mahkota berwarna merah muda yang terdiri dari lima kelopak dan memiliki harum. Pada umumnya tanaman ini di jadikan tanaman penghijau jalan atau sebagai pagar hidup. Namun pohon bunga kupu-kupu ini juga di jadikan sebagian orang menjadi anti bakteri anti inflamasi, anti diare, dan juga anti kanker. 

3. Lamtoro gung (leucaena leucocephala)

Merupakan sejenis tanaman perdu yang biasanya di gunakan untuk penghijauan dan mencegah terjadinya erosi. Tumbuhan ini mampu beradaptasi dengan iklim tropis di wilayah mana saja. Pohon ini memiliki ketinggian diantara 2 hingga 10 meter. Pohon yang juga di sebut petai cina ini mampu menghasilkan oksigen lebih banyak walaupun jenis daunnya bersirip dua dengan 3 hingga 10 sirip. Jumlah bunga yang di miliki pun cukup banyak dengan diameter 2-5 cm. Selain itu tanaman ini memiliki buah yang berpolong-polong.

4. Akasia (acacia auriculiformis)

Pohon akasia memang tergolong semak-semak, dengan batangnya yang memiliki duri dengan jumlah daun dengan bentuk tulang menyirip yang cukup banyak. Terdapat beraneka bunga dari jenis pohon akasia ini tergantung akan spesiesnya, warna bunganya adalah merah, putih, kuning dan juga ungu. Tempat hidup pohon ini adalah di wilayah tropis, dimana pohon akasia ini dimanfaatkan sebagai kerajinan ornament dan juga industri parfum. Silahkan order benih akasia di sini.

Nah, pohon-pohonan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan oksigen maksimal dan tentunya oksigen yang Anda hirup juga terjamin bersih. Untuk di dalam ruangan, agar tidak pengap dan terhindar dari polusi udara, Anda juga bisa memanfaatkan tanaman hias. 

News Feed