oleh

Ini Cara Pakai Pupuk AB mix

Hidroponik merupakan alternatif metode bercocok tanaman tanpa media tanah namun menggantinya dengan media air. Media tanam yang baik, teknik penanaman yang tepat, faktor pendukung tanam yang sesuai (seperti cahaya matahari, pH, dan kelembaban), dan kebutuhan nutrisi (makro dan mikro) tanaman adalah kunci utama metode hidroponik.

Cara Pengukuran Larutan Pupuk AB mix

Pupuk AB mix merupakan campuran antara pupuk A dan B. Pupuk AB mix umumnya dijual dalam kemasan dan ukuran yang bervariasi. Beberapa produsen ada yang menjual pupuk A dan pupuk B secara terpisah (konsumen mencampur sendiri), dan ada pula yang menjual dalam kemasan larutan pupuk AB siap pakai. Pupuk A mengandung unsur Kalsium sedangkan pupuk B mengandung Sulfat dan Fosfat, sehingga ketiga unsur tersebut (Ca, S, dan P) tersebut tidak boleh dicampur dalam keadaan pekat agar tidak timbul endapan. Endapan pupuk tidak baik untuk tanaman karena akan menghambat penyerapan unsur-unsur hara.

Jika pupuk A dan pupuk B yang Anda beli dalam kemasan bubuk terpisah, larutkan masing-masing pupuk juga dalam kontainer/ember terpisah. Misal: Pupuk A dan pupuk B untuk ukuran 5 L (masing-masing berbentuk bubuk). Larutkan Pupuk A ke dalam ember pertama (berisi 5L air). Aduk-aduk hingga tercampur rata. Larutan akan berwarna hijau kecoklatan dan keruh. Lakukan hal yang sama pada Pupuk B. Larutkan Pupuk B berwarna putih keruh.

Larutan A dan larutan B (@ 5L) di atas dapat menghasilkan 1000 liter larutan pupuk AB mix. Campurkan larutan A dan larutan B (total 10 L larutan) ke dalam 990 L air bersih. Namun jika Anda hanya akan membuat 1 L larutan pupuk AB mix, cukup ambil 5 ml larutan A dan 5 ml larutan B. Campurkan keduanya dalam 990 mL air bersih. Jika Anda membeli dalam bentuk campuran siap pakai (konsentrat), cukup tambahkan air bersih seperti yang tertera dalam petunjuk pemakaian yang teradapat pada kemasan.

Tanaman menyukai kisaran pH 5,5 – 6,5. Menghitung kadar pH larutan dapat menggunakan alat pHmeter, kertas pH indikator atau kertas lakmus. Jika pH larutan nutrisi di atas 6,5 tambahkan larutan HCl (asam klorida) atau asam kuat lainnya setetes demi setetes hingga di kisaran pH yang diharapkan. Jika pH larutan di bawah 5,5 maka tambahkan larutan KOH atau lartutan basa kuat lainnya.

Larutan Nutrisi Pengganti Pupuk AB mix

Pupuk AB mix dijual dengan variasi harga yang berbeda dan relatif lebih mahal dibandingkan jika Anda membuat larutan pupuk AB mix sendiri. Berikut beberapa cara membuat pupuk hidroponik sendiri.

1.    Larutkan Pupuk NPK mutiara 16-16-16 (1 sendok makan) dan ¾ sendok makan Pupuk Gandasil D (atau pupuk growmore hijau) dalam 10 L air. Pupuk NPK mutiara mengandung unsur N, P, dan K dengan perbandingan 16:16:16 dan diperkaya dengan unsur Mg dan Ca. Sedangkan pupuk daun gandasil D dipakai untuk menyediakan unsur Mn, B, Cu, Co, dan Zn bagi tanaman hidroponik.

2.    Jika Anda ingin membuat pupuk organik, Anda perlu menyiapkan komponen pupuk organik seperti kotoran kambing, jerami, daun lamtoro, daun sirsak, bekatul, atau arang sekam dan memprosesnya dengan perlakuan tertentu.

Penggunaan pupuk AB mix juga harus tepat. Kelebihan kadar pupuk bisa berakibat tidak baik bagi tanaman. Perhatikan waktu pemberian nutrisi tanaman hidroponik. Contoh pemberian nutrisi pada metode tetes (drip), umumnya setiap 10 menit sekali dalam 1-1,5 jam. Untuk metode kultur air statis seperti sistem wick (sumbu) atau sistem apung (float), larutan nutrisi diganti setiap 2-3 hari sekali. Selamat mencoba.

News Feed