oleh

Ini Manfaat Buah Goji Berry Bagi Kesehatan

Apakah Anda pernah mendengar goji berry? Goji berry (Lycium barbarum) adalah tanaman semak yang berasal dari Cina. Goji berry merupakan tanaman satu keluarga dengan kentang, tomat, terong, cabai, dan tembakau. Nama lain goji berry adalah wolfberry. Tanaman ini bisa tumbuh hingga setinggi tiga meter. Warna buahnya adalah oranye terang kemerah-merahan. Buah goji berry berdiameter 1-2 meter. Di Asia, mengonsumsi goji berry dilakukan dengan harapan agar memiliki umur yang panjang.

Cina sebagai penyuplai goji berry terbesar di dunia, dan telah direkomendasikan selama ribuan tahun dalam pengobatan Cina untuk menyembuhkan berbagai macam masalah kesehatan.

Budidaya goji berry dilakukan secara besar-besaran di negara asalnya, Cina. Pada tahun 2013, produksi buah goji berry Cina mencapai lima puluh ribu ton. Cina adalah penyuplai goji berry terbesar di dunia. Seiring perkembangan zaman, goji berry tak hanya dibudidayakan di Cina, melainkan juga di Kanada dan Amerika Serikat.

Waktu demi waktu, orang-orang mengonsumsi goji berry untuk menyembuhkan berbagai macam masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, demam, dan masalah pengelihatan, terutama untuk mata tua. Goji berry biasanya dimakan begitu saja, atau dimasak, dikeringkan (seperti kismis), dan dijadikan teh herbal, jus, atau obat-obatan.

Goji Berry Buah yang Paling Kaya akan Nutrisi

Goji berry kaya akan nutrisi. Penelitian membuktikan kalau mengonsumsi goji berry membuat tubuh merasa sehat dan tenang. Orang yang mengonsumsi goji berry pun dapat melakukan aktivitas olahraga dengan lebih baik dan memiliki tidur yang berkualitas. Goji berry pun bisa menurunkan berat badan. Sama seperti beri-berian yang lainnya, goji berry pun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, namun tidak semua berry memiliki efek yang sama bagi tubuh.

Goji berry bisa menimbulkan efek samping dengan beberapa obat. Misalnya jika Anda pengonsumsi warafin (obat pengencer darah), Anda sebaiknya menghindari goji berry. Goji berry juga bisa bereaksi dengan obat diabetes dan obat tekanan darah. Maka, sebelum mengonsumsi goji berry, ada baiknya Anda menghubungi dokter terlebih dahulu. Walaupun begitu, teknologi mungkin bisa menciptakan goji berry yang aman dikonsumsi oleh semua orang.

News Feed