oleh

Ini Manfaat Bunga Toothache Untuk Kesehatan

Acmella oleracea adalah spesies rempah berbunga dari famili Asteraceae. Tanaman ini lebih dikenal dengan nama bunga toothache, paracress, buzz buttons, dan daisy elektrik. Di Brasil tanaman ini disebut ‘jambu’. Tanaman ini tumbuh sebagai ornamen dan sangat menarik perhatian kunang-kunang saat mekar. Toothache banyak pula digunakan sebagai obat medis di berbagai belahan dunia.

Di dunia makanan, sedikit irisan daun segar tanaman ini dapat menghasilkan rasa yang unik untuk salad. Daun yang sudah dimasak biasanya akan berkurang aromanya dan bisa dijadikan lalapan. Di Brasil bagian utara, terutama di daerah Para, daun segarnya sudah terbiasa untuk dikonsumsi. Mereka mencampurkannya dengan bawang putih dan cabai untuk menambah rasa dan vitamin untuk masakan yang lain.

Tunas bunganya memiliki rasa seperti rumput diikuti rasa geli yang kuat atau rasa kebas dan sering kali kelebihan air liur, dengan sensasi dingin di tenggorokan. Di India, tunas bunganya digunakan sebagai perisa dalam tembakau kunyah.

Penggunaan ekstrak ‘jambu’ sebagai perasa makanan dijelaskan memiliki aroma seperti jeruk, herbal dan topikal. Rasanya bisa jadi tajam, dingin, geli dan kebas. Lalu, penggunaan ekstrak ‘jambu’ ini pun dapat menambah sensasi mulut berair dan mampu merangsang produksi air liur dalam mulut.

Bagi dunia kesehatan, rebusan daun dan bunganya dapat menjadi obat tradisional untuk sakit gigi, radang mulut, bahkan gagap bicara. Ekstrak tanamannya telah dicoba untuk melawan berbagai jenis bakteri dan ragi, dan ternyata hasilnya membuat bakteri tidak berkembang. Daunnya bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit akibat bakteri. Tanaman ini pun bisa mempercepat penyembuhan luka dan mencegah manusia dari serangan demam dan flu.

Tanaman ini tumbuh baik di media tanam yang berdrainase baik, tanah hitam yang mengandung banyak zat organik. Bijinya harus ditanam di tempat yang terkena sinar matahari langsung agar cepat berkecambah, jadi jangan sampai terkubur tanah.

News Feed