oleh

Ini Panduan Agar Bunga Mawar Potong Tidak Cepat Layu

Bunga mawar (Rosa sp.) menjadi kado yang kembali naik daun belakangan ini. Biasanya, mawar potong digunakan sebagai hadiah ulang tahun, bahkan wisuda, atau momen spesial lainnya. Selain itu, mawar potong juga termasuk ke dalam jajaran bunga yang paling sering dipakai sebagai bunga dekorasi.

Harga mawar potong cenderung lebih mahal dibanding harga tanaman mawarnya sendiri. Mawar potong berbeda dengan mawar yang biasa ditanam di kebun, Mawar potong memiliki batang yang tegak lurus dan tebal. Sedangkan mawar biasa, lingkar batangnya lebih kecil.

Namun sebagaimana kondisi tanaman lainnya setelah dipotong, mawar akan cepat layu. Mahkota bunganya akan menjadi lemas hanya dalam hitungan jam di dalam suhu ruangan.

Beberapa orang berpikir dengan menaruhnya begitu saja di dalam vas berisi air akan membuat mawar potong hidup lebih lama. Sebenarnya tidak. Merendam tangkai bunga mawar di dalam air saja tidak cukup untuk membuatnya tetap segar.

Cara Membuat Bunga Mawar Potong Tidak Cepat Layu

Berikut ini kami bagikan tips berupa cara agar mawar potong tidak cepat layu. Bahan rahasianya sebenarnya adalah bahan yang biasa kita temukan sehari-hari, bahkan bisa ditemukan di dapur, yaitu gula pasir.

Bahan Yang Diperlukan

  • Air
  • Gula pasir
  • Gunting tanaman

Cara Pembuatan

  • Larutkan satu sendok gula pasir dengan air di dalam vas.
  • Aduk hingga gula larut.
  • Gunting sedikit ujung batang mawar dengan gunting khusus tanaman dengan pola miring. Guntingan miring akan membuat lebih banyak air terserap.
  • Rendam (simpan) batang mawar di dalam larutan tersebut. Kadar gula dalam air merangsang bunga mawar potong untuk lebih terjaga kesegarannya dibandingkan tanpa gula sama sekali.

Alternatif Bahan Lain

Selain menggunakan gula, beberapa benda berikut pun dipercaya mampu membuat mawar potong hidup lebih lama.

Cuka

Larutkan cuka pada air, sama seperti cara di atas. Cuka adalah zat katalis yang dapat menghambat proses pembusukan pada bunga.

Pemutih

Cara penggunaannya masih sama. Pemutih dipercaya mampu membunuh bakteri pembusuk dari bunga mawar potong.

Koin

Konon, meletakkan koin di dasar vas bunga bisa membuat bunga mawar potong lebih awet karena logam bersifat antibakteri alami.

Walaupun benda-benda di atas dipercaya bisa membuat mawar potong hidup lebih lama, jangan mencoba untuk mencampur semuanya menjadi satu. Sebab, dengan mencampur semuanya menjadi satu akan menghasilkan reaksi kimia yang malah akan membuat bunga mawar potong mati dalam waktu singkat. Sekian tips dari kami, semoga bunga mawar potongnya bisa lebih lama keawetannya dengan tutorial singkat di atas. Sebenarnya tips ini tidak hanya dapat dilakukan pada bunga mawar potong saja, melainkan efektif untuk semua bunga potong jenis lainnya

News Feed