oleh

Ini Panduan Cara Menanam Bunga Lotus

Tanaman lotus atau dikenal juga dengan seroja (Nelumbo nucifera) adalah salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh di air. Tanaman ini berasal dari India dan menyebar ke hampir seluruh dunia. Banyak orang yang yang menganggap lotus dan teratai adalah tanaman yang sama padahal dari sistem taksonominya pun kedua tanaman ini berbeda, lotus dari genus Nelumbo sedangkan teratai dari genus Nymphea. Perbedaan lain dari kedua tanaman ini bisa dilihat dari bentuknya. Daun dan bunga lotus memiliki tangkai yang panjang dan berada di atas air, sedangkan batang teratai terdapat di dalam air dan daunnya mengapung di atas air.

Lotus banyak diincar para kolektor dan pecinta tanaman hias karena memiliki warna yang indah. Tanaman ini juga erat dengan ritual keagamaan Hindu dan Buddha. Selain itu, lotus juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk beberapa penyakit seperti diabetes, demam, flu, diare dan bisa menjadi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menanam dan membudidayakan tanaman lotus. Artikel referensi lain tentang manfaat lotus dapat Anda temukan disini.

Cara Menanam Bunga Lotus

Menanam lotus bukanlah hal yang sulit. Kami sebenarnya sudah pernah menulis tentang cara semai biji lotus untuk ditanam, namun pada artikel ini akan kami jabarkan versi lainnya. Lotus hanya butuh dua bulan dari penyemaian bibit sampai tumbuh dan berbunga. Salah satu cara menanam lotus adalah dengan menggunakan biji lotus. Berikut adalah cara menanam bunga lotus dari biji yang bisa Anda ikuti:

1. Siapkan biji lotus.
2. Iris sedikit kulit hitam dari biji lotus sampai terlihat bagian dalamnya yang berwarna putih, hati-hati ketika mengiris biji lotus jangan sampai bagian embrionya rusak terkena pisau.
3. Rendam biji yang sudah diiris ke dalam tempat berisi air. Ganti air di tempat tersebut setiap 2x sehari pada pagi dan sore hari.
4. Letakkan tempat tersebut di pinggir jendela agar terkena sinar matahari, tapi jangan diletakkan di tempat yang terlalu terik. Benih biasanya mulai tumbuh sekitar 4 hari.
5. Setelah kira-kira 2 minggu akan muncul akar dan beberapa daun. Pada saat ini benih lotus siap dipindahkan ke media berupa tanah yang direndam dengan sedikit air.
6. Saat dipindah ke media tanah, tanam lotus secara perlahan lalu rendam tanah tersebut dengan sedikit air sampai batas daun, jangan sampai daun pada benih lotus terendam air.
7. Anda dapat memberi pupuk sekitar 2 minggu setelah benih lotus dipindah ke media tanah+air di atas.

Hal paling penting yang harus dilakukan pada saat membudidayakan tanaman lotus adalah merawat tanaman ini sebaik mungkin agar tanaman dapat tumbuh dan berbunga sesuai dengan yang kita inginkan.

Cara Merawat Bunga Lotus yang Baik & Benar

Lalu, bagaimana cara merawat tanaman lotus yang baik? Mari kita simak cara merawat tanaman lotus di bawah ini:

1. Letakkan tanaman lotus di tempat yang terkena sinar matahari langsung bukan di dalam ruangan atau tempat yang memiliki atap. Lotus akan tumbuh dengan baik jika mendapatkan sinar matahari langsung.
2. Letakkan tanaman di tempat yang jarang terkena angin agar tangkai lotus tidak mudah patah karena tertiup angin.
3. Semprot lotus dengan pestisida setidaknya 2 minggu sekali agar terhindar dari penyakit kutu daun yang kerap menyerang lotus saat musim hujan.
4. Berikan pupuk cair secara berkala sekitar 2 bulan sekali agar tanaman mendapatkan cukup nutrisi dan zat hara.
5. Sesekali Anda harus memangkas daun lotus yang kering dan layu agar lotus tetap terlihat cantik.
6. Untuk mencegah agar air yang ditanami lotus tidak menjadi sarang nyamuk, isi kolam dengan ikan yang dapat memakan jentik-jentik nyamuk.

Bahkan jika Anda ingin merawat lotus kesayangan dengan cara yang lebih rumit, berikut adalah salah satu gambar ilustrasi yang mumpuni:

Itulah cara menanam lotus dan merawatnya. Kunci utama keberhasilan dalam merawat tanaman hias adalah kesabaran dan ketelatenan. Jika kita mampu sabar dan telaten dalam merawat tanaman lotus hasilnya pun akan memberikan kepuasan tersendiri. Selamat mencoba, semoga berhasil.

News Feed