oleh

Ini Rahasia Cara Membuat Bunga Mawar Biru

Pernahkah Anda melihat mawar biru di rangkaian bunga atau malah Anda pernah membelinya dari penjual bunga di pinggir jalan? Mawar biru sangat menarik perhatian, bukan? Menurut mitos, mawar biru melambangkan kemegahan. Selain itu mawar biru juga menyimbolkan misteri dan hal-hal yang mustahil. Bahkan beberapa orang mempercayai bahwa mawar biru bisa mengabulkan harapan. Tapi, tahukah Anda kalau beberapa jam sebelum mawar biru itu terlihat, ia adalah mawar (Rosa sp.) berwarna putih?

Mawar biru memang warna mawar yang paling banyak dicari, banyak orang yang mencari benih atau biji mawar biru, padahal sebenarnya tidak eksis atau setidaknya sampai saat ini belum mampu kami buktikan keberadaannya. Para ilmuan masih berjibaku untuk dapat menghasilkan warna mawar yang satu ini. Secara alami, mawar biru memang tidak ada, sama halnya seperti mawar pelangi atau rainbow rose yang ternyata juga merupakan hasil rekayasa dan bukan nyata tumbuh secara alami. Tapi manusia memang tidak pernah puas, sehingga mereka memutar otak bagaimana agar mawar biru benar-benar “ada”.

Salah satu cara yang paling terkenal untuk membuat sebuah mawar putih menjadi biru adalah dengan menggunakan metode osmosis. Secara Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), osmosis adalah percampuran dua macam cairan melalui dinding sel atau selaput (yang banyak porinya). Sementara dalam proses mewarnai mawar, osmosis adalah menyelupkan batang mawar ke dalam cairan berwarna.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  1. Setangkai mawar putih. Usahakan mawar hasil petik sendiri. Atau Anda bisa membelinya, namun pastikan kalau mawar potong yang Anda beli adalah mawar yang disimpan begitu saja, bukan yang sedang direndam di dalam air.
  2. Dua buah gelas atau botol. Ukurannya disesuaikan dengan tinggi batang mawar.
  3. Pewarna makanan biru.
  4. Pisau, cutter, atau gunting khusus tanaman. Cuci bersih atau bersihkan menggunakan alkohol sebelum digunakan.
  5. Air

Langkah-langkah membuat mawar biru secara osmosis:

  1. Isi gelas dengan air.
  2. Tetesi dengan pewarna biru hingga warnanya berubah menjadi biru pekat.
  3. Potong atau gunting ujung batang mawar secara diagonal.
  4. Celupkan ujung batang yang sudah dipotong tadi ke dalam air berwarna biru tersebut. Proses ini memakan waktu kurang lebih enam jam.
  5. Setelah enam jam, warna mawar sudah berubah menjadi biru.
  6. Untuk hasil terbaik (membuat gradasi warna), setelah enam jam, gunting lagi ujung batangnya sedikit.
  7. Celupkan kembali batangnya ke dalam gelas berisi air bening selama kurang lebih satu jam.

Itulah cara untuk mendapatkan mawar biru dengan cara osmosis. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

News Feed