oleh

Jenis Bunga Kertas dan Cara Menanamnya di Pot Dengan Biji & Stek

Anda suka menanam dan memelihara berbagai jenis bunga? Sudah memiliki tanaman bunga kertas? Jika belum, mari kita simak cara-cara menanam bunga kertas di dalam pot dalam ulasan kami kali ini. Alasan mengapa kami merekomendasikan agar Anda memiliki bunga kertas karena menanam bunga kertas di pot dapat menjadi alternatif yang bisa dilakukan untuk membuat rumah Anda menjadi tampak lebih indah.

Bunga kertas atau Zinnia Flower adalah tanaman bunga penuh warna yang berasal dari negara Meksiko, Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan. Bunga ini berupa semak dan juga perdu kecil yang mempunyai mahkota bunga yang kaku dan tipis seperti halnya lembaran kertas dan termasuk bunga yang disukai kupu-kupu. Hal inilah mengapa bunga yang satu ini disebut dengan bunga kertas. Meskipun begitu, bunga kertas ini memiliki pesona dan kecantikan yang menarik sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai tanaman hias di halaman rumah ataupun di dalam pot. Anda tertarik ingin memilikinya? Ikuti ulasan ini sampai akhir.

Bunga kertas merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti halnya Indonesia. Untuk itulah mengapa bunga yang satu ini sangat banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, bunga kertas juga termasuk salah satu jenis tanaman yang cenderung mudah dibudidayakan sehingga banyak orang yang memilih bunga ini untuk menjadi salah satu tanaman hias di rumahnya. Tanaman bunga kertas memang dapat dengan mudah subur, yang terpenting dari pertumbuhan bunga ini adalah tanah yang lembab dan tersinari matahari dengan cukup. Nah sebelum memasuki tahapan menanam bunga kertas, alangkah lebih baiknya jika anda juga mengenal jenis-jenis dari bunga kertas.

Jenis Bunga Kertas

Ada beberapa jenis bunga kertas yang bisa kita jumpai di Indonesia. Bunga-bunga kertas tersebut adalah:

Bunga kertas lekuk atau Zinnia Angustifolia

Bunga jenis ini memiliki bentuk daun yang melekuk sehingga disebut dengan bunga kertas lekuk. Tanaman yang satu ini memiliki ciri yang berupa semak dengan batangnya yang berwarna hijau, bagian atas yang berambut, memiliki banyak cabang dengan tinggi 0,2 hingga 0,7 m. Kemudian bunga ini juga memiliki daun yang berbentuk lonjok, meliuk berwarna hijau dan duduk pada batangnya, dan ujungnya yang lancip, tipis dan agak kaku. Dan untuk bunganya, bunga kertas lekuk cenderung keluar dari cabang batang dengan bentuk bulat berdiameter 3 hingga 5 cm dan tersusun dalam beberapa lembar mahkota dengan warna putih kekuningan, lalu putih hingga jingga.

Bunga kertas cantik atau Zinnia Elegans

Dikatakan bunga kertas cantik karena bunga kertas jenis ini merupakan bunga kertas paling cantik diantara jenis lainnya. ciri-cirinya, batang bunga yang tegak, berwarna hijau dan banyak cabang dengan pangkal yang terdapat rambut-rambut putih yang halus. Daun tanaman ini berwarna hijau dengan bentuk oval dan ujungnya yang lancip. Daun bunga ini tidak memiliki tangkai sehingga ia melekat pada batang. Untuk bunganya, bunga ini berbentuk bulat dengan daun mahkota yang tersusun melingkar dan mahkota bunga yang berwarna kuning, merah muda, merah, putih, jingga dan ungu kemerahan.

Bunga kertas garis atau Zinnia Linearis

Dinamakan demikian karena bunga kertas jenis ini memiliki daun yang membentuk garis. Bunga ini berupa semak dengan batang yang tipis namun tegak, memiliki cabang banyak dan tinggi yang mencapai 0,6 meter. Daunnya membentuk garis dengan ujungnya yang lancip. Bunganya berbentuk bulat yang memiliki mahkota berwarna jingga.

Nah setelah mengetahui beberapa jenis bunga kertas dengan keindahan dan ciri-ciri yang dimilikinya masing-masing, Anda bisa memilih bunga kertas apa yang Anda inginkan untuk ditanam di rumah Anda. Kali ini kami akan bagikan kali ini adalah cara menanam bunga kertas di dalam pot dengan mudah dan praktis. Untuk itu, langsung saja berikut beberapa tahapan dalam menanam bunga kertas di dalam pot.

Tahap Pembenihan Bunga Kertas

Dalam teknik menanam, tahap pertama yang harus dilakukan adalah pembenihan. Begitu pula dengan bunga kertas ini. dalam pembenihan bunga kertas, lakukan hal-hal berikut:

  • Siapkan benih bunga kertas yang akan disemai sebelum ditanam. Benih bunga kertas bisa anda dapatkan dengan dari indukan bunga kertas yang berkualitas. Pilihlah indukan bunga kertas yang telah tua karena hal ini akan sangat berpengaruh pada kualitas bunga yang akan Anda dapatkan.
  • Setelah mendapatkan sumber benih yang cocok, ambil dan potong bunganya.
  • Jemur bunga tersebut di bawah sinar matahari yang panas.
  • Setelah itu, ambil biji bunga kertas untuk dijadikan sebagai benih bunga kertas yang baru.
  • Jika biji telah kering, semai biji dengan menggunakan campuran tanah, sekam padi dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
  • Benamkan biji bunga kertas ke dalam media semai tersebut lalu siram dengan air secukupnya.
  • Biarkan selama kurang lebih 7 hari atau sampai benih tumbuh berkecambah dan juga memiliki beberapa daun. Kira-kira bibit bisa ditanam ketika tingginya telah mencapai 30 cm.
  • Selain menggunakan biji, Anda juga bisa menggunakan stek batang dengan memotong batang dari bunga kertas. Panjangnya sekitar 20 cm dari pucuk batang. Setelah itu, batang bisa ditancapkan ke dalam polybag yang berisi media semai tadi. Tutupi dengan menggunakan botol air mineral yang dipotong-potong dan diberi lubang kecil-kecil. Sirami dengan air secara rutin sampai tumbuh daun dan menjadi bibit yang bisa ditanam.

Tahap Penanaman Bibit Bunga Kertas

Setelah tahap pembenihan dan penyemaian telah selesai, anda bisa langsung melanjutkan pada tahap penanaman. Untuk media tanam, anda bisa menggunakan media yang sama seperti media semai. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah berikut ini :

  1.  Siapkan media tanam berupa tanah, pupuk kandang dan juga sekam padi dengan perbandingan yang sama yaitu 1 : 1 : 1.
  2. Letakkan media tanam tersebut ke dalam pot yang telah Anda siapkan.
  3. Selanjutnya, pindahkan bibit secara perlahan dengan cara menyobek polybag dan menanam langsung bersama media semainya. Hal ini dilakukan agar tidak merusak akar dari tanaman.
  4. Siram dengan air secukupnya lalu letakkan pada tempat yang sejuk namun masih terkena sinar matahari.

Perawatan

Merawat bunga kertas ini tergolong sangat mudah sehingga anda tak perlu ribet dalam menjaganya. Nah untuk merawat bunga kertas ini, anda bisa melakukan hal-hal berikut ini :

  • Pastikan tanaman bunga kertas ini diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Hal ini dikarenakan bunga kertas sangat membutuhkan sinar matahari untuk pertumbuhannya.
  • Lakukan penyiraman secara teratur karena bunga kertas juga sangat membutuhkan air untuk pertumbuhannya.
  • Meskipun begitu, bunga kertas juga memiliki masa tidak memerlukan air yang disebut dengan masa kering yaitu ketika munculnya kuncup bunga selama 3 sampai 4 hari.
  • Jangan lupa lakukan pemupukan. Anda bisa menggunakan pupuk kandang berupa kotoran kambing yang diberikan pada masa kering bunga kertas atau masa tidak memerlukan air tadi.

Jadi, itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menanam bunga kertas di dalam pot. Untuk menanamnya di halaman rumah atau taman, caranya tidak jauh beda dengan cara menanamnya dalam pot.

News Feed