oleh

Macam-Macam Obat Alami Kolesterol

Obat alami kolesterol tersedia di dalam banyak pilihan. Kolesterol termasuk di dalam kondisi penyakit yang dapat memicu penyakit-penyakit yang lebih serius. Dengan kadar kolesterol yang sangat tinggi di dalam tubuh, maka ada penyakit serius yang dapat disebabkan, seperti penyakit jantung. Kolesterol yang kadarnya tinggi juga akan membuat plak di lumen pembuluh darah menebal. Segala komponen peradangan dan lemak ada di dalam plak yang menempel di dinding pembuluh darah. Semakin banyak plak pembuluh darah makin sempit dan itulah yang membuat peredaran darah tidak lancar dan memicu berbagai penyakit parah.

Penyebab Kolesterol

  • Jenis kelamin dan usia. Ini dikarenakan kolesterol tinggi lebih sering dialami oleh para pria yang berumur 40 tahun ke atas dan wanita yang sudah melewati masa menopause.
  • Riwayat kesehatan keluarga atau faktor keturunan yang juga memiliki tingkat kolesterol yang tinggi.
  • Tingkat aktivitas fisik yang rendah atau jarangnya berolahraga.
  • Obesitas atau berat badan yang berlebih. Pada tubuh orang yang obesitas, lemak sangat menumpuk dan itu yang membuat kadar trigliserida meningkat
  • Kebiasaan merokok.
  • Pola makan yang kurang tepat dengan seringnya mengonsumsi makanan yang kandungan lemaknya tinggi.

Gejala Kolesterol

  • Sering terasa pegal-pegal di bagian kaki dan tangan.
  • Sering merasa pusing di bagian kepala terutama di kepala bagian belakang.
  • Sering merasa pegal-pegal di bagian pundak dan tengkuk.
  • Terasa sakit pada dada di bagian kiri seperti tertusuk
  • Sering kesemutan yang biasanya dialami di area kaki dan tangan.

Obat Alami Kolesterol

Angkak

Angkak atau yang juga dikenal sebagai beras merah Cina ini tidak hanya bagus untuk mengatasi demam berdarah, tapi juga berguna dalam menurunkan kadar kolesterol. Angkak memiliki kandungan HMG-CoA yang diketahui memiliki efektivitas tinggi dalam membuat kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah menjadi turun. Untuk cara menggunakannya, kita bisa memakai angkak 1 sendok teh yang kemudian dapat ditumbuk sampai halus dan dimasukkan ke dalam cangkir. Tuang air panas untuk menyeduh angkak bubuk tersebut, aduk-aduk, lalu airnya bisa diminum selagi hangat. Untuk hasil maksimal, konsumsi setiap hari lebih disarankan sehingga kadar kolesterol dalam darah pun dapat terus dijaga.

Belimbing Manis

Belimbing manis termasuk obat alami kolesterol dan darah tinggi yang ampuh. Dengan tingginya kandungan vitamin C di dalam buah ini, tubuh kita akan mendapat nutrisi yang cukup serta menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Peran buah ini adalah sebagai antikanker juga. Cara konsumsi tidak perlu diolah macam-macam, cukup memakan belimbing manis yang ukurannya besar 2 buah secara langsung. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, makanlah buah belimbing tersebut sesudah makan malam serta sarapan di pagi hari.

Alpukat

Alpukat memang dikenal sebagai buah yang berlemak, namun lemak di dalamnya termasuk lemak sehat dan baik sehingga aman untuk para pengidap penyakit kolesterol. Pada buah alpukat terdapat glutation, magnesium, kalium, zat besi, fosfor, vitamin E, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, berikut juga lemak tak jenuh tunggal dan serat yang sangat kaya. Seluruh kandungan baik tersebutlah yang akan mampu membuat kadar kolesterol darah dan trigliserida menjadi turun. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan alpukat matang 1 buah dan langsung bisa dimakan secara mentah setiap harinya. Jika Anda ingin mempunyai tanaman alpukat sendiri, yuk baca langkah-langkah cara menanam alpukat di sini. Dengan adanya pohon alpukat sendiri, tentunya Anda bisa memetik, memilih sendiri dan merasakan khasiatnya secara langsung.

Bawang Putih

Sebagai salah satu obat alami kolesterol tinggi, bawang putih yang mengandung bahan aktif s-allyl cysteine atau yang juga dikenal sebagai komponen thioallyl memiliki khasiat antitrombotik dan hipolipidemik yang sangat baik untuk tubuh. Menurut sebuah studi dari Munich University asal Jerman, kadar kolesterol jahat di dalam tubuh bisa menurun dalam waktu 4 bulan hanya dengan memasukkan bawang putih ke dalam diet.

Cara konsumsi hanya dengan mengambil 1 atau 2 siung bawang putih, lalu iris secara tipis-tipis. Masukkan ke dalam mulut untuk ditelan dan ini perlu dilakukan sehari 2 kali. Atau tidak suka memakan bawang putih secara langsung atau tidak ingin menelannya seperti cara barusan, campurkanlah dengan buah-buah enak untuk dijadikan jus.

Seledri

Jenis sayuran ini bisa dijadikan obat alami kolesterol dan asam urat sebab memiliki kandungan minyak atsiri, zat pati, manit, glutamin, pentosan, asparagin dan tirosin. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik, terutama untuk membuat peluruh kencing dan enzim pencernaan agar lebih terpacu. Untuk memakannya, siapkan akar seledri segar sebanyak 30 gram. Cuci bersih seledri lebih dulu, lalu rebuslah dengan air 2 gelas. Tunggu sampai menyusut sampai 1 gelas dan diamkan hingga dingin sebelum akhirnya disaring dan diminum. Selain sebagai obat alami kolesterol, khasiat daun seledri bagi kesehatan tubuh dalam menyembuhkan penyakit-penyakit lain seperti rematik, anemia, dll sudah banyak diketahui kalangan masyarakat.

Tips Mencegah Kolesterol

Demi mendapatkan tubuh yang sehat bebas kadar kolesterol tinggi, ini dia hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit serius tersebut.

  • Berhenti dari kebiasaan merokok.
  • Membuat pola makan lebih teratur dengan tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi terlalu sering.
  • Hindari konsumsi kopi yang berlebih.
  • Hindari stres karena kadar kolesterol dalam tubuh dapat dipicu oleh faktor tersebut.
  • Rajin berolahraga atau menggerakan tubuh akan sangat baik untuk mencegah penimbunan lemak. Dengan tubuh yang aktif, lemak akan mudah terbakar.
  • Mengontrol berat tubuh. Dengan sering-sering mengontrol berat tubuh, tentu kita akan terhindar dari obesitas yang memicu kolesterol tinggi.

News Feed