Site icon Ruangburuh

Macam-Macam Tanaman Air Hias untuk Pemanis Kolam Ikan

Memiliki sebuah rumah sederhana dengan taman mungil di dalamnya memang sangatlah nyaman. Apalagi jika di taman terdapat sebuah kolam kecil dengan beberapa ikan hias yang berada di dalamnya, pemandangan taman pun akan semakin menyejukkan mata. Taman rumah Anda tentu akan sangat memberikan manfaat bagi penghuni rumah. Selain memberikan keindahan, taman mungil sederhana ini bisa dijadikan tempat terbaik untuk menghilangkan stress akibat pekerjaan atau yang lainnya.

Lalu, taman juga bisa dijadikan tempat berkumpul keluarga yang nyaman. Agar pemandangan semakin cantik, ada beberapa tanaman air hias yang bisa dijadikan pemanis kolam ikan. Selain sebagai pemanis, tanaman ini juga berfungsi untuk menjaga kolam tetap bersih dengan oksigen yang cukup baik. Seperti yang kita ketahui bersama, tumbuhan adalah penghasil oksigen terbaik. Langsung saja simak ulasan beberapa tanaman hias yang digunakan sebagai pemanis kolam berikut ini.

Beberapa Jenis Tanaman Air Hias

Tanaman penghias air yang biasa dijadikan pemanis kolam adalah teratai dan juga seroja. Dua tanaman hias ini memiliki bunga yang sangat cantik sehingga banyak dipilih sebagai pemanis kolam ikan. Selain itu, dua tanaman indah ini juga dapat membantu menjaga kualitas air kolam. Kali ini, akan dijelaskan beberapa jenis tanaman air hias yang tidak biasa. Tanaman air yang unik untuk pemanis kolam ikan adalah sebagai berikut.

Pisang Air

 

Seperti namanya, tanaman hias yang berfungsi sebagai pemanis kolam mini memiliki bentuk mirip pohon pisang. Akan tetapi, tanaman ini memiliki daun mirip seperti daun talas. Nama latin tanaman ini adalah Typhonodorum Lindyeyanum. Tanaman ini bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 4 m dan daunnya berbentuk oval dengan lebar mencapai 1.5 m. Pisang Air ini sangat cocok diaplikasikan untuk konsep taman tropis.

Kala Lili

 

Kala Lili masih termasuk ke dalam jenis bunga lili yang memiliki nama ilmiah Zantedeschia Aethiopica. Keindahan tanaman hias ini tampak pada bentuk bunganya yang seperti dibuat dari lilin, yaitu berwarna putih bersih dengan bentuk yang indah. Bunga ini memiliki bentuk seperti corong yang di tengah-tengahnya terdapat putik sari berwarna kuning yang cerah. Aroma bunga ini sangat lembut dan menenangkan. Tanaman ini akan tumbuh sedikit lebih tinggi dari biasanya jika kurang mendapat sinar matahari. Tanaman ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman air hias.

Bambu Air

 

Bambu Air memiliki nama latin Equisetum Hyemale. Tanaman ini seperti replika pohon bamboo. Penampakannya memang mirip seperti bambu pada umumnya, hanya saja bentuknya lebih kecil dari bambu biasa. Tanaman bernama bambu air ini sangat cocok diterapkan pada taman yang memiliki konsep minimalis.

Tifa

 

Satu lagi tanaman yang bisa dijadikan sebagai pemanis kolam adalah Tifa atau yang memiliki nama ilmiah Typha Latifolia. Tanaman ini memang menjadi tanaman air liar. Namun, tanaman ini ternyata juga cocok ditempatkan di kolam taman Anda. Tanaman ini memiliki batang yang memanjang dan juga bunga yang hampir mirip dengan cerutu. Anda yang memiliki konsep taman tropis bisa menggunakan tanaman Tifa ini sebagai pemanis kolam.

Exit mobile version