oleh

Panduan Cara Menanam Bunga Foxglove

Pernah dengar bunga foxglove? Foxglove (Digitalis purpurea) tumbuh banyak di pedesaan Inggris, salah satu tanaman asli yang dapat tumbuh baik di pekarangan rumah. Digitalis purpurea adalah salah satu dari genus yang terdapat lebih dari 200 spesies. Bunga foxglove mekar dalam berbagai warna seperti putih, kuning, merah muda, merah dan ungu. Bunga ini dapat tumbuh tanpa disadari  hingga bunganya menjulang memenuhi taman.

Berikut langkah-langkah menanam bunga foxglove:

  1. Pilihlah benih foxglove yang berkualitas, Anda bisa memperolehnya dari toko penjualan benih tanaman. Atau bisa juga mengambil benihnya pada tanaman yang sudah hidup, ditandai dengan polong yang telah berubah kecoklatan dan mulai terbelah. Cara paling mudah untuk memanen benih foxglove adalah dengan menyediakan baki/wadah di bawahnya kemudian goyangkan dengan lembut.
  2. Sebelum menanam benih foxglove, siapkan media tanam dengan menambahkan kompos. Kompos dapat memperbaiki tekstur dan menambah nutrisi tanah.
  3. Biji foxglove membutuhkan cahaya untuk berkecambah. Cara terbaik untuk menanam benih foxglove adalah dengan menaburnya di atas permukaan media tanam, benih yang terlalu direndam akan membuatnya gagal berkecambah. Foxglove membutuhkan 20-30 hari untuk berkecambah.
  4. Semailah benih foxglove dalam ruangan menggunakan wadah atau tray semai. Ketika tumbuh 3-4 daun, foxglove siap dipindahkan pada lahan yang lebih luas.
  5. Carilah lahan yang memiliki drainase yang baik, foxglove tumbuh baik pada tanah lembab namun tidak tergenang.
  6. Galilah lahan dengan jarak 60-120 cm antar tanaman untuk menghindari tanaman yang tumbuh padat.
  7. Berilah kompos secara teratur

CatatanFoxgloves mengandung racun. Hindari menelan setiap bagian dari tanaman, termasuk biji, daun dan bunga. Karena kandungan racun dari bunga foxglove tersebut, taman Anda bisa terbebas dari rusa atau hewan liar lainnya.

News Feed