oleh

Panduan dan Cara Budidaya Tanaman Zephyranthes

Tanaman bunga Rain Lily (Habranthus robustus syn. Zephyranthes robusta) biasanya ditanam di pot atau dijadikan hiasan di taman. Tanaman ini memiliki nama lain seperti lily Zephyr atau fairy lily. Bunganya biasa muncul seiring turunnya hujan, itulah mengapa dijuluki lily hujan. Menanam bunga ini tidaklah sulit jika menanamnya dengan tepat dan benar. Tanaman ini tumbuh dengan ukuran yang kecil. Tingginya tidak bisa melebihi satu kaki atau melebihi 30 cm. Warna bunganya bermacam-macam mulai dari zephyranthes pink, kuning, sampai putih. Beberapa bunga tanaman zephyranthes ini tumbuh dalam satu tangkai yang sama.

Saat ini banyak sekali jenis bunga zephyranthes. Ada banyak juga spesies hibrida yang memiliki beragam warna dan waktu mekar yang berbeda-beda. Walaupun begitu, perawatan tanaman zephyranthes ini pada dasarnya sama. Untuk merawat tanaman ini, tanamlah di tempat yang teduh ketika sore hari, terutama jika Anda berada di daerah yang panas. Siramlah tanaman ini secara teratur, bahkan walau suasana sedang dingin.

Tanaman zephyrannthes menyukai tanah yang berdrainase baik. Umbi dari tanaman zephyranthes tidak perlu dipindahkan jika tanaman belum tumbuh dengan sangat rimbun. Saat hendak memindahkan umbi tanaman zephyranthes ini, pastikan Anda sudah menyiapkan tempat menanamnya yang baru. Langsung pindahkan pada tempat tumbuhnya yang baru sesaat setelah Anda mengambil umbinya. Saat menanam tanaman zephyranthes ini, pastikan tempatnya terlindungi. Tanaman ini tidak bisa hidup di daerah dengan suhu udara di bawah -2 derajat celcius.

Cara terbaik menanam tanaman zephyranthes adalah dengan menanam umbi kecilnya dalam tanah yang berdrainase baik. Tanaman ini menyukai tanah yang kaya nutrisi. Pastikan tanahnya selalu dalam keadaan lembap. Tanaman zephyranthes ini pun lebih menyukai tanah yang agak asam.

Tanam umbi zephyranthes ini ditanam dengan kedalaman 3 cm dan jarak antar tanamannya sekitar 8 cm. Anda akan berhasil menanam tanaman zephyrantes ini jika Anda menanam umbinya dengan cepat dan langsung menyiramnya. Siramlah tanaman zephyranthes ini secara berkala agar tanaman zephyranthes ini subur dan bahagia.

News Feed