oleh

Salvia divinorum, Tanaman yang Bisa Menimbulkan Efek Halusinasi

Pernah dengar tanaman yang bisa membuat seseorang berhalusinasi?
Tanaman yang bisa membuat seseorang berhalusinasi adalah tanaman yang dapat menciptakan kondisi consciousness yang lain dari biasanya. Tanaman ini mengandung zat-zat yang dapat mempengaruhi saraf dan otak yang menyebabkan seseorang memliki kreatifitas dan imajinasi yang luar biasa. Kondisi ini disebut dengan Altered states of consciousness (ASC).

Salah satu tanaman yang memiliki kemampuan tersebut adalah Salvia divinorum!
Salvia divinorum merupakan salah satu spesies dari tanaman bergenus salvia yang paling banyak dijadikan sebagai tanaman hias sekaligus tanaman obat. Tanaman asal meksiko ini berbunga ungu, kuning juga putih. Yang berbunga ungu sekilas mirip dengan tanaman lavender karena bunganya yang tumbuh bertandan-tandan, daunnya seperti bentuk daun mint, batang, daun dan bunganya berbulu halus. Tanaman ini mengeluarkan aroma wangi yang tidak di sukai oleh serangga.

Salvia divinorum bukanlah tanaman yang baru ditemukan, tanaman ini sudah digunakan oleh suku Aztec di Meksiko dalam ritual-ritual mereka semenjak beratus-ratus tahun lamanya. Tanaman ini mengandung salvinorin A yang merupakan salah satu halusinogen terkuat yang bisa langsung nampak efeknya ketika digunakan.

Adapun efeknya adalah bisa mengganggu penglihatan, perasaan rileks, euforia berlebihan, dan halusinasi yang sulit dibedakan dengan kenyataaan. Menurut beberapa sumber yang pernah mencobanya, mengkonsumsi salvia bisa membuat tubuh terasa mengambang dan melayang. Banyak musisi dan seniman yang menggunakannya untuk mendapatkan insprirasi. Selain itu, tanaman ini juga banyak digunakan seseorang saat bermeditasi atau melakukan yoga untuk mendapat rasa tenang yang benar-benar rileks.

Daun salvia yang masih segar seperti daun mint yang berukuran besar.

Berikut kumpulan dari berbagai sumber mengenai efek yang dirasakan orang-orang setelah menggunakan salvia divinorum:

  •  Kadang merasa bertemu dengan hewan, berbicara dengan orang yang tidak ada, melihat roh, berbicara dengan alam.
  •  Merasa bisa berteleportasi (mampu berpindah-pindah tempat).
  •  Bingung antara mimpi dan kenyataan.
  • Mendengar suara-suara aneh yang tidak biasa, melihat kabut tebal.
  • Kehilangan keseimbangan tubuh dan terasa melayang-layang di udara.
  • Tertawa yang tidak terkontrol.
  • Merasa sangat tenang dan rileks tanpa beban pikiran.

Salvia merupakan ganja yang legal…!
Mengapa di legalkan?

Daun salvia yang telah dikeringkan. Bisa langsung digunakan, namun lebih banyak digunakan dalam bentuk bubuknya.

Slavia tidak seperti tanaman-tanaman ganja lainnya yang membuat penggunanya kecanduan. Efek dari slavia hanya berlangsung paling lama 1-2 jam saja. Setelah itu, perasaan normal kembali. Menurut jurnal ilmiah, oleh Imanshahidi , M., & Hosseinzadeh, H .(2006). The Pharmacological Effects of Salvia species of the central Nervous system. Phytotherapy Research, 20(6), 427-437, menyatakan bahwa tanaman salvia juga banyak di manfaatkan di dunia medis, seperti:

  •  Menenangkan pasien yang memberontak
  • Mengurangi gejala parkinson
  •  Melindungi sel-sel saraf
  • Menyembuhkan kejang atau gemetar
  • Menghilangkan sakau pada pengguna berat alkohol dan morfin
  • Menguatkan ingatan

Oleh karena itu, tanaman jenis ini tidak dilarang oleh UU Narkotika Republik Indonesia.

News Feed