oleh

Tip Panduan Cara Menanam dan Merawat Bunga Kalanchoe

Sudah kenal tanaman bunga dengan nama unik yang satu ini? Kalanchoe adalah tanaman sukulen berdaun tebal yang biasanya ditanam dalam pot dan sering terlihat di toko bunga atau pusat penjualan bibit tanaman. Nama kalanchoe berasal dari bahasa Cina yaitu “Kalanchauhuy” yang merujuk pada bahasa Cina yaitu ‘Buddhist temple herb’ dengan pengucapan qielan cai atau jia lan cai tergantung pada romanisationnya. Di Cina, tanaman ini dikenal sebagai “10.000 ungu 1.000 merah” dan umumnya diburu selama Tahun Baru Cina.

Cara Menanam Bunga Kalanchoe

Kalanchoe terkenal karena mudah tumbuh dan tidak memerlukan banyak penyiraman. Tidak hanya bunganya, kalanchoe juga memiliki daun yang tidak kalah menarik. Belum ada tanaman kalanchoe yang tidak berbunga jika dilakukan dengan perawatan yang tepat, semuanya menghasilkan biji sehingga dikenal pula sebagai ‘Mother of Thousands’.

Nah, berikut kami jelaskan tahap-tahap menanam bunga kalanchoe:

  1. Kalanchoe bisa diperbanyak dengan cara stek dari tanaman yang telah tumbuh. Jika belum memilikinya, Anda bisa memperoleh bibitnya di sini.
  2. Stek bagian pucuk dengan ukuran sekitar 5-7 cm bagian daun. Letakkan potongan di tempat yang kering dan hangat.
  3. Tanamlah potongan pada media tanam basah yang telah dicampur sekam atau sabuk kelapa dan perlite. Hal ini diperlukan agar media tanam memiliki drainase yang baik.
  4. Tutup pot menggunakan plastik agar kelembaban tanaman tetap terjaga.
  5. Letakkan pot di samping jendela dan cahaya terang namun terhindar dari cahaya matahari langsung.
  6. Stek akan menghasilkan akar dalam 14-21 hari dan kemudian siap untuk dipindahkan pada pot yang lebih besar. Media tanam sebaiknya ditambahkan dengan pupuk kompos.

Merawat Tanaman Bunga Kalanchoe

Kelebihan air adalah penyebab utama kalanchoe gagal tumbuh. Siramlah sekali atau dua kali dalam seminggu, jangan menyiramnya secara berlebihan terutama saat cuaca lembab dan musim hujan. Kelebihan air dapat menyebabkan akar dan batang tanaman membusuk dan pada akhirnya mati.

Ketika kalanchoe telah tumbuh bunga, berikan pupuk organik selama beberapa hari. Singkirkan daun yang telah kering atau rusak. Meskipun kalanchoe sudah terlihat cantik tanpa bunga karena daunnya, namun bunga yang mekar dapat membuat tampilan yang spektakuler. Agar bunga tumbuh lebat, letakkan tanaman pada tempat yang teduh dan membawanya keluar untuk memberinya cahaya matahari pagi saja.

News Feed