oleh

Tips Panduan Cara Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar

Tanaman kantong semar atau yang bernama latin Nepenthes (di luar negeri dikenal sebagia monkey cup plant atau pitcher plant) merupakan salah satu tanaman hias yang banyak dibudidayakan karena bentuknya yang unik dan berbeda dengan tanaman hias lain.

Kantung semar juga dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai obat herba. Hampir semua bagian tanaman ini memiliki khasiatnya masing-masing, misalnya:

  1. Cairan atau nektar yang ada di bibir kantong bisa digunakan sebagai obat luka bakar dan radang mata.
  2. Daun kantong semar bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit kulit dan penahan darah.
  3. Akarnya bisa dimanfaatkan sebagai obat penyakit disentri.
  4. Dan batangnya dapat digunakan untuk obat batuk dan demam.

Alasan Budidaya Nepenthes: Mengapa Harus Nepenthes?

Memiliki banyak fungsi dan bentuk yang unik membuat tanaman kantong semar memiliki nilai lebih daripada tanaman hias lainnya. Banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan tanaman ini dan menjadikan kantong semar sebagai sumber penghasilan mereka.

Konon tanaman kantong semar memiliki harga jual yang tinggi, apalagi jika dijual ke luar negeri. Indonesia sendiri dikenal sebagai daerah endemik beberapa jenis nepenthes yang banyak diburu kolektor kelas dunia, varietas kantong semar ini tumbuh di hutan-hutan di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman kantung semar, mari kita simak cara membudidayakan kantung semar di bawah ini:

Cara Memilih Bibit Nepenthes

Ada berbagai jenis tanaman kantung semar yang ada di dunia ini. Namun jika Anda ingin menjual tanaman ini, Anda dapat memilih bibit kantung semar jenis gracillis atau reinwardtiana atau ampullaria. Ketiga jenis kantung semar ini banyak dicari orang terutama bagi pemula yang baru tertarik menanam karena relatif mudah. Tapi ada banyak sekali jenis kantong semar yang dibedakan dari bentuk daun maupun kantong atau pitchernya, selengkapnya kami buatkan satu artikel sendiri yang membahas tentang jenis-jenis nepenthes.

Cara Menyiapkan Media Tanam Nepenthes

Untuk menanam kantong semar, Anda membutuhkan media tanam berupa tanah dan sekam bakar yang lembap dan tidak terlalu padat. Usahakan media tanam tidak terlalu kering atau terlalu banyak air. Media lain yang bisa digunakan untuk menanam kantung semar adalah cocopeat yang dicampur dengan sekam bakar menggunakan perbandingan 1:1.

Cara Budidaya Nepenthes

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk membudidayakan tanaman kantung semar:

a) Menggunakan biji

  • Isi pot dengan media di atas lalu basahi dengan sedikit air
  • Tabur biji dan tekan ke dalam tanah secara perlahan
  • Tutup pot menggunakan plastik tembus cahaya dan beri lubang-lubang kecil menggunakan jarum
  • Biji akan memiliki tunas sekitar 1-3 minggu, jika sudah tumbuh sekitar 3-5 cm baru dipindah ke pot baru
  • Potong ujung pucuk agar kantung cepat muncul

b) Menggunakan stek batang

  • Pilih tanaman kantung semar yang berumur satu tahun dan minimal tingginya sekitar 1 meter
  • Potong batang sepanjang 15 cm dan sisakan 3-4 ruas daun
  • Potong setengah helai daun untuk mencegah penguapan, dan potong sampai pangkal daun agar stek mudah masuk
  • Tanam batang stek menggunakan polybag ukuran normal yang dasar dindingnya sudah dilubangi. Sebelum menanam stek olesi dulu bagian bawah stek batang dengan hormon pemacu akar dan pencegah jamur.

Cara Merawat Nepenthes

Merawat kantung semar tergolong mudah. Kantong semar tidak membutuhkan pupuk dan nutrisi, karena nutrisi tanaman ini berasal dari serangga yang ditangkapnya. Karena itu letakkan kantung semar di luar ruangan atau di tempat yang sekiranya banyak terdapat serangga. Atau jika Anda tinggal di daerah yang jarang ditemukan serangga, Anda bisa secara manual memberikan nutrisi berupa fosfor, garam, dan kalium untuk tanaman Anda.

Untuk tanaman kantung semar yang ditanam menggunakan biji, Anda tetap butuh pupuk yang tidak mengandung urea dan ammonium yang tinggi. Untuk mencegah hama Anda bisa menggunakan sedikit pestisida agar kantung semar tumbuh dengan baik. Beberapa jenis tanaman kantung semar membutuhkan sinar matahari langsung, lainnya tidak. Untuk itu kenali dulu jenis kantung semar yang Anda tanam dan letakkan di tempat yang tepat.

News Feed