oleh

Tips Panduan Cara Memilih Pot Tanaman Bonsai

Bagi Anda yang gemar mengoleksi tanaman bonsai maka Anda juga harus memperhatikan wadah atau pot yang digunakan untuk meletakkan tanaman bonsai tersebut. Meski sepele namun hal ini sangat penting dan harus benar-benar diperhatikan karena tanaman bonsai akan terlihat indah apabila diletakkan pada tempat yang pas dan sesuai dan begitu juga sebaliknya, tanaman bonsai tidak akan nampak dan bahkan nilai keindahannya pun bisa menghilang jika saja diletakkan pada pot yang salah.

Pada ulasan sebelumnya, kami telah memberikan tips memilih pot bunga untuk tanaman. Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih pot khusus untuk tanaman bonsai sehingga memudahkan Anda dalam menentukan jenis pot yang seperti apa yang sebaiknya digunakan sebagai wadah tanaman bonsai tersebut. Sebenarnya memilih pot tanaman bonsai dapat Anda lakukan dengan sangat mudah yang pertama memperhatikan bentuk ukuran dari tanaman tersebut yang juga harus disesuaikan dengan ukuran pot yang akan digunakan. Karena pot bonsai yang baik bukanlah pot yang memiliki harga jual mahal namun pot yang baik adalah pot yang memiliki ukuran sesuai dengan ukuran tanamannya. Bagi Anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Pot Untuk Bonsai

Bentuk dari pot untuk tanaman bonsai ini sangat beragam. Ada yang berbentuk geometris atau persegi panjang, bujur sangkar, bundar, oval, dan segi enam atau bahkan segi delapan. Namun ada juga pot bonsai yang memiliki bentuk tidak beraturan seperti berbentuk pulau dan ada juga yang menyerupai batu karang. Variasi pot tanaman bonsai yang lainnya juga dapat diperhatikan dari bagian bibir pot, ada yang datar dan lurus saja namun juga ada yang mencuat ke dalam ataupun ke luar. Karena bentuk fisik tanaman bonsai ini sangat kerdil maka pot juga harus disesuaikan dengan bentuk ukurannya. Begitu juga dengan ukuran tinggi pot yang harus disesuaikan gaya bonsai yang ditanam seperti misal untuk gaya bonsai yang memiliki dasar miring maka sangat tepat jika ditanam dengan menggunakan pot berbentuk oval atau juga persegi panjang dengan ukuran ketinggian yang rendah.

Tanaman bonsai memang ditanam dengan cengkraman batu dan oleh sebab itu gunakanlah pot yang lebar namun dangkal serta tipis agar bagian batu yang digunakan lebih menonjol atau lebih terlihat dibanding dengan pot yang digunakannya. Jadi jika dilihat, pohon bonsai akan berkesan seperti tanaman pohon yang tumbuh di sekitar karang terjal. Jangan gunakan pot yang berlubang dan untuk memperindah keindahan tanaman bonsai juga dapat ditambah dengan pemberian pasir putih atau pasir pantai.

Untuk ketebalan pot juga harus disesuaikan dengan tanaman bonsai. Apabila bonsai yang ditanam memiliki dasar yang tegak dan lurus dapat dengan menggunakan pot yang diameternya sama dengan pangkal batang bonsai. Untuk gaya bonsai yang sedikit menggantung maka pot yang digunakan adalah pot yang berukuran tinggi agar nantinya bonsai tidak sampai jatuh menyentuh lantai.

Bahan pembuatan pot bonsai sangat beragam mulai dari kayu, plastik, tanah liat, batu karang, keramik, porselin, dan juga semen. Untuk pot yang tahan lama dan juga sangat menarik adalah jenis pot porselin yang memang harganya juga sangat mahal dibanding dengan pot lainnya. Seperti yang telah dipaparkan pada artikel sebelumnya mengenai kelebihan serta kekurangan jenis pot bunga. Warna pot juga dapat memberikan kesan yang berbeda pada tanaman bonsai. Untuk bonsai yang memiliki warna hijau tua akan lebih cocok dengan penggunaan pot yang berwarna hijau gelap. Untuk tanaman bonsai yang berwarna hijau muda maka akan lebih cocok jika menggunakan warna pot yang lebih cerah. Untuk tanaman bonsai yang memiliki warna bunga cerah dapat ditanam dengan pot yang berwarna biru tua. Pemilihan pot akan menunjang pusat perhatian dari tanaman bonsai itu sendiri dan oleh sebab itu pilihlah pot yang menarik.

Itulah beberapa informasi yang dapat Anda ketahui mengenai tips memilih pot tanaman bonsai yang baik dan tepat. Kini bagi Anda yang memilih untuk memelihara tanaman bonsai maka Anda juga harus memperhatikan wadah atau potnya. Pot yang sesuai harus benar benar diperhatikan karena proses pertumbuhan dan juga perkembangan tanaman bonsai ini sangat berpengaruh terhadap wadah yang digunakan. Jika Anda salah memilih pot maka bisa saja pertumbuhan dari tanaman bonsai dapat terhambat dan bahkan keindahan dari tanaman bonsai tidak akan muncul. Oleh sebab itu mulai saat ini perhatikanlah cara memilih pot untuk tanaman bonsai yang benar dan tepat.

News Feed