oleh

Tips Panduan Cara Menata Tanaman Hias Di Depan Rumah

Rekomendasi cara menata tanaman hias di depan rumah dapat dilakukan dengan sangat mudah. Berbagai macam jenis bunga hias yang sangat cantik dan indah pun dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Karena sebuah rumah memang akan terasa kurang jika tidak dilengkapi dengan berbagai macam tanaman hias. Tanaman hias tidak hanya membuat rumah terlihat asri saja namun juga menjadi pelengkap yang dapat menunjang penampilan rumah tersebut. Namun, tidak banyak yang tahu bagaimana rekomendasi cara menata tanaman hias di depan rumah.

Banyak yang meletakkan tanaman bunga secara asal-asalan dan hal tersebut sangat mengurangi nilai keindahan dari halaman depan rumah Anda dan bahkan tanaman itu sendiri. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin merenovasi halaman depan Anda dengan berbagai macam tanaman hias namun tidak tahu bagaimana cara melakukannya dan juga tidak memiliki inspirasi yang tepat maka sangat tepat sekali jika Anda menyimak ulasan kali ini yang akan membahas lengkap tentang cara penataan tanaman hias. Bagi Anda yang sudah penasaran dan ingin tahu langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Jenis Jenis Tanaman Hias Depan Rumah

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara menata tanaman hias di halaman depan rumah maka akan jauh lebih baik jika Anda memperhatikan jenis tanaman hias yang seperti apa yang sesuai untuk diletakkan di depan rumah karena tidak semua jenis tanaman hias cocok dijadikan hiasan di halaman depan rumah Anda. Hal tersebut karena suhu iklim di halaman depan tentunya sangat panas dan tidak semua jenis tanaman hias dapat bertahan pada kondisi yang panas. Beberapa jenis tanaman yang cocok digunakan sebagai hiasan di halaman depan tersebut dapat Anda lihat sebagai berikut.

  • Tanaman Hias Mawar
  • Tanaman Hias Melati
  • Tanaman Hias Bonsai
  • Tanaman Hias Kaktus
  • Tanaman Hias Anggrek
  • Tanaman Hias Lidah Mertua
  • Tanaman Hias Palem
  • Tanaman Hias Bugenvil
  • Tanaman Hias Lili Paris
  • Tanaman Hias Kamboja
  • Tanaman Hias Euphorbia
  • Tanaman Hias Cemara Mini
  • Tanaman Hias Beringin Mini
  • Tanaman Hias Siklok

Tips Menata Tanaman Hias

  1. Cara yang pertama dapat Anda pelajari dari para pedagang tanaman hias yang selalu mengelompokkan jenis tanamannya pada satu kelompok. Jadi Anda harus mengelompokkan jenis-jenis tanaman hias yang Anda miliki terlebih dahulu dengan cara membuat barisan.
  2. Jika sudah berikanlah jarak antar baris. Barisan harus dibentuk dengan jelas, apakah Anda ingin membuat bentuk melengkung, bulat, persegi, dan sesuai dengan selera Anda. Bentuk barisan ini juga harus menyesuaiakan kondisi luas halaman, misal untuk halaman yang berbentuk kotak dapat Anda lawan dengan menggunakan bentuk melengkung sehingga halaman kotak tadi tidak begitu terlihat kaku.
  3.  Anda harus memberikan daya pikat terhadap tanaman hias yang Anda letakkan di depan rumah. Caranya dengan membuat satu titik pusat agar pandangan tertarik pada 1 jenis tanaman yang dijadikan sebagai ikon. Satu jenis tanaman tersebut harus lebih unggul dan terlihat dibanding dengan jenis tanaman lainnya. Jadi sering juga disebut dengan istilah master tanaman yang memiliki daya pikat menonjol. Hal ini, sangat diperlukan agar halaman depan rumah Anda tidak terlihat monoton.
  4. Atur posisi tanaman sesuai dengan ukuran tingginya. Untuk tanaman yang lebih tinggi sebaiknya diletakkan di bagian belakang dan untuk yang ukurannya lebih pendek dapat diletakkan di depan tanaman yang tinggi tersebut.
  5. Lakukanlah eleminasi tanaman, untuk yang masih sehat dan segar dapat Anda pasang dan untuk yang sudah tidak sehat, kering, dan lain sebagainya lebih baik jangan digunakan lagi dan dapat Anda ganti dengan tanaman yang baru.
  6. Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah keselarasan tanaman dan juga kerapian serta kenyamanan saat memandangnya.

Itulah beberapa informasi yang dapat Anda ketahui mengenai rekomendasi cara menata tanaman hias di depan rumah. Banyak yang beranggap bahwa menghias atau mendekor halaman depan rumah dengan menggunakan tanaman hias itu sulit karena tidak hanya sekedar meletakkan tanaman hias yang sangat cantik lalu halaman depan langsung begitu saja terlihat cantik juga. Penataan yang salah tentunya akan membuat tanaman yang cantik tadi tidak nampak atau tidak terlihat dan oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan benar bagaimana sebaiknya penataan tanaman hias di halaman depan rumah Anda tersebut yang juga memang harus disesuaikan dengan kondisi atau ukuran lahannya.

News Feed